Hendri Sutandinata Maya Muncar – Trend Bekerja Di Kantor Modern

Hendri Sutandinata Maya Muncar – Seiring dengan perkembangan zaman, Anda dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut, terutama saat sedang bekerja. Terlebih saat ini bekerja tidak lagi hanya terpaku pada satu tempat saja, yakni di balik kursi kantor.

Adanya teknologo serta gadget membuat Anda bisa bekerja dengan fleksibel dari segi waktu maupun tempat. Hendri Sutandinata Maya Muncar menjelaskan, di Amerika Serkat, trend bekerja tidak lagi hanya di dalam ruangan, tapi juga di luar ruangan.

Disana para karyawan bisa melakukan pekerjaannya sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Untuk menunjang pekerjaan tersebut, fasilitas berupa kursi, meja, laptop serta koneksi internet disiapkan layanya saat bekerja di kantor.

Berikut ini adalah beberapa trend yang sedang diterapkan oleh beberapa kantor modern saat ini. Yakni :

  • Pengalaman Menjadi Nomor Satu

Situasi saat ini tentunya berbeda dengan situasi dahulu. Beberapa dekade lalu, loyalitas mungkin menjadi nomor satu. Semakin lama Anda bekerja di suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula jabatan Anda dibandingkan junior.

Namun, hal tersebut tidak lagi berlaku saat ini, karena pengalaman dinilai mahal oleh sebuah perusahaan. Itulah hal yang menjadi penyebab mengapa pengalaman menjadi nomor satu. Dalam hal ini, pengalaman tidak hanya dilihat dari satu aspek saja, melainkan dari beberapa aspek. Seperti pengalaman organisasi yang bisa mengembangkan potensi dalam diri seseorang.

Karena itu, Hendri Sutandinata Maya Muncar berpesan kepada Anda para fresh graduate agar tidak perlu lagi takut jika berhadapan dengan orang-orang yang lebih senior. Tidak ada jaminan bagwa Anda akan ditolak. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki maka keberadaan Anda pun akan semakin dipertimbangkan di dalam sebuah perusahaan.

  • Pesaing Bukan Ancaman

Dahulu, pesaing merupakan ancaman terbesar saat Anda menjalankan sebuah bisnis. Namun, hal tersebut tidak lagi berlaku saat ini. Karena keberadaan kompetitor atau pesaing dianggap menjadi suatu tantangan agar Anda menjadi lebih baik kedepannya.

Hal ini juga akan menuntut Anda untuk selalu berinovasi agar perusahaan Anda bisa lebih unggul dari perusahaan lainnya. Caranya adalah dengan memperhatikan hasil kerja saat ini lalu membandingkannya dengan hasil kerja para pesaing.

Jika mereka bekerja 100%, maka usahakan perusahaan Anda bekerja 200%. Dengan begitu, kemampuan Anda akan semakin terasah dan mudah berkembang.

  • Bekerja Bisa Dimana Saja

Poin yang satu ini bukan berarti Andabisa pergi kemana saja saat bekerja. Perkembangan teknologi bisa membuat Anda bekerja dengan lebih fleksibel, kapanpun dan dimanapun.

Hadirnya wifi di restoran, kafe maupun tempat umum lainnya membuktikan bahwa pekerjaan tidak lagi hanya terpaku di kantor saja. Intinya jangan sampai lost contact dengan atasan.

  • Bebas Berpendapat

Mengatakan “tidak” pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor beberapa tahun lalu memang menjadi hal yang terlarang. Namun sekali lagi, menurut Hendri Sutandinata Maya Muncar, hal-hal seperti ini tidak lagi berlaku.

Karena saat ini pendapat sangat dibutuhkan untuk membawa perubahan bagi perusahaan. Anda tidak perlu takut untuk berdebat jika merasa apa yang Anda ungkapkan memang benar adanya.

Sampaikanlah pendapat dengan sopan sekalipun Anda memiliki hak untuk bebas berpendapat. Jangan lupa juga mempersiapkan alasan yang kuat untuk mendukung pendapat yang akan disampaikan.

  • Jam Kerja Fleksibel

Tidak lagi seperti jam kerja pada umumnya yang dimulai jam 8 pagi sampai pukul 5 sore. Saat ini, banyak perusahaan yang sudah tidak terlalu mempertimbangkan jam kerja di kantor. Namun hal ini bukan berarti Anda bisa bekerja sesuka hati, datang siang lalu pulang sore.

Tentunya, arti kata fleksibel disini tidak hanya mengerjakan satu pekerjaan saja, namun kehadiran saat mengikuti pelatihan serta meeting juga termasuk jam kerja. Hal ini bertujuan untuk membangun networking yang lebih luas dengan rekan bisnis.

Ketika Anda bekerja, jangan hanya berfokus pada pekerjaan yang diberikan, tapi juga berani untuk mencoba hal yang baru. Hendri Sutandinata Maya Muncar berpesan, teruslah belajar hal-hal yang tidak hanya bisa membantu meningkatan kualitas bekerja, tapi juga menambag pengalaman serta memperkaya skill Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s