Cara Menghilangkan Nyeri Haid – Hilangkan Nyeri Haid Dengan Konsumsi Obat Pereda Nyeri , Amankah?

Nyeri haid dikatakan dapat berkurang jika Anda mengkonsumsi obat pereda nyeri. karena itulah, banyak wanita yang mengkonsumsi obat pereda nyeri sebagai cara menghilangkan nyeri haid yang ampuh. Namun, sebenarnya seberapa amankah menngkonsumsi obat pereda nyeri haid bagi kesehatan?

Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang seringkali muncul dan ditanyakan oleh banyak wanita. Sebenarnya, memilih untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri sebagai cara menghilangkan nyeri haid bukanlah hal yang dilarang. Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, alangkah lebih baik jika Anda meyimak lebih dulu penjelasan berikut ini.

Nyeri haid atau dalam dunia kedokteran disebut dismenore merupakan kram perut yang dirasakan oleh para wanita sebelum ataupun selama periode haid berlangsung. Akan tetapi, tidak semua wanita akan mengalaminya. Namun, ada sebagian wanita yang juga mengalami nyeri haid yang hebat hingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Indikasi terjadinya nyeri haid bisa berupa rasa tidak nyaman hingga mengalami rasa sakit yang berat pada daerah perut bagian bawah, punggung, pinggang hingga area di sekitar paha. Nyeri haid umumnya mulai dirasakan tepat sebelum atau pada hari pertama haid.

Selain nyeri, keluhan lain seperti sakit kepala, diare, sulit buang air besar, mual hingga pingsan juga bisa terjadi dan pernah dialami oleh beberapa wanita. Nyeri haid sebenarnya disebabkan oleh kontraksi otot rahim yang berlangsung selama siklus haid berlangsung.

Kontraksi ini dirangsang oleh hormon prostaglandin yang menghambat masuknya aliran oksigen kedalam rahim. Jika kontraksi terlalu kuat, maka akan terjadi tekanan pada pembuluh darah di sejkitarnya yang menyebabkan terhambatnya aliran oksigen menuju rahim, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sehingga akibatnya adalah timbulnya rasa nyeri.

Apabila Anda mengalami nyeri haid seperti yang dijelaskan diatas, ada beberapa cara menghilangkan nyeri haid yang bisa Anda lakukan untuk menguranginya. Yakni dengan melakukan pengompresan menggunakan air panas pada area perut yang terasa sakit.

Akan tetapi, jika nyeri belum kunjung hilang dan masih dirasakan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas terbatas di minimarket ataupun apotik. Umumnya, obat pereda nyeri tersebut mengandung paracetamol yang bekerja sebagai pereda nyeri umum dengan cara menghambat zat kimia di otak yang menghantarkan rasa nyeri.

Serta ibuprofen yang bekerja untuk menghambat serta menghentikan produksi hormon prostaglandin yang menyebabkan timbulnya nyeri. Namun, yang perlu diperhatikan dalam mengkonsuimsi obat pereda nyeri ini adalah konsumsi sesuai dengan dosis serta aturan minum yang dianjurkan. Jangan mengkonsumsinya lebih dari dosis tang dianjurkan.

Cara menghilangkan nyeri haid dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri selanjutnya adalah dengan memilih jenis obat yang mengandung ekstrak hiosami. Ekstrak hiosami sangat aman dan berkhasiat untuk menghilanghkan mulas serta kram.

Selain itu, ekstrak hiosami juga tidak akan mempengaruhi rahim maupun organ reproduksi wanita. Dan salah satu obat pereda nyeri haid yang mengandung ekstrak hiosami adalah Feminax. Jadi, Anda bisa mengkonsumsinya saat mengalami nyeri haid. Namun ingat, konsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Penggunaan obat pereda nyeri sebagai cara menghilangkan nyeri haid yang ampum memang dapat membantu meredakan gejalanya, namun jika nyeri tidak kunjung hilang atau terasa semakin parah, maka diperlukan evaluasi akan adanya enyakit lain yang mungkin turut mendasarinya. Untuk itu, kunjungilah dokter untuk penanganan yang lebih optimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s