Pereda Nyeri Haid – Bolehkan Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri Setiap Haid?

Mengkonsumsi obat pereda nyeri memang menjadi cara yang paling ampuh guna mengurangi rasa sakit akibat nyeri haid atau yang disebut dismenore dalam istilah kedokteran. Obat pereda nyeri haid memang menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang tidak kuat menahan rasa sakit yang ditimbulkan.

Namun, pertanyaan lain muncul setelahnya. Yakni bolehkan mengkonsumsi obat pereda nyeri setiap kali mengalami nyeri haid?

Umumnya nyeri haid yang normal dialami oleh setiap wanita, terutama di awal periode haid terjadi. Sepanjang nyeri yang timbul tidaklah berlebihan serta tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kondisi ini masih berada dalam taraf normal dan secara medis disebut dismenore primer.

Namun, jika nyeri haid yang dialami tidak lagi tertahankan, mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan menimbulkan gejala tertentu, seperti mual, muntah bahkan hinggga pingsan, maka hal tersebut merupakan kondisi yang tidak normal dan disebut sebagai dismenore sekunder.

Sebenarnya, ada banyak jenis obat pereda nyeri haid yang umumnya dijual secara bebas terbatas di minimarket ataupun apotik, mulai dari obat-obatan herbal hingga obat-obatan non-herbal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat pereda nyeri tersebut sebenarnya aman dikonsumsi.

Khususnya di dalam obat pereda nyeri haid non-herbal, di dalam setiap obat tersebut terdapat kandungan ibuprofen yang termasuk dalam golongan obat anti inflamasi non steroid atau NSAID yang bekerja untuk mengurangi hormon yang memicu peradangan dan rasa sakit sehingga dapat meredakan nyeri haid.

Dan jika ditanya apakah boleh mengkonsumsi obat pereda nyeri setiap haid, maka jawabannya sebenarnya tidak. Obat pereda nyeri haid bisa Anda konsumsi hanya jika diperlukan saja. Yakni ketika Anda mengalami nyeri haid dan rasa sakitnya terasa sangat mengganggu.

Akan tetapi, jika Anda mengalami nyeri haid yang meyakitkan setiap kali haid atau menderita dismenore sekunder yang membuat Anda memerlukan bantuan obat-obatan untuk meredakan nyeri, maka jauh lebih baik jika Anda pergi ke dokter dan mengkonsultasikannya kepada dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Konsumsi obat pereda nyeri haid memang diperbolehkan, namun kebijaksanaan ketika mengkonsumsinya juga tidak kalah penting. Minumlah obat pereda nyeri haid hanya saat diperlukan saja dan hentikan konsumsinya setelah nyeri mulai mereda atau hilang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s