Makan Nanas Saat Haid – Manfaat Enzim Bromelain Untuk Kesehatan!

Makan Nanas Saat Haid – Nanas merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang, namun walaupun seperti itu, tidak sredikit pula orang yang menghindarinya karena rasa gatal yang muncul pada lidah serelah mengkonsumsi nanas.

Rasa gatal tersebut muncul karena adanya enzim bromelain pada buag nanas yang terdiri dari beberapa endopeptidase dan senyawa fosfatase, glusidase, peroksidase, selulase, escharase dan protase inhibitor.

Enzim bromelain sendiri merupakan enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Walaupun demikian, enzim bromelain dalam buat nanas nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari enzim bromelain yang terdapat di dalam buah nanas. Yakni :

  • Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan

Secara khusus, bromelain dapat mencerna protein serta membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Sebuah penelitian pun menunjukkan jika enzim bromelain di dalam buah nanas dapat mengurangi resiko peradangan.

Serta mengurangi sekresi sitokin pro-inflamasi yang dapat merusak lapisan ususs karena sangat efektif dalam menyembuhkan jaringan di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, makan nanas juga dapat membantu mengatasi berbagai penyakit yang terjadi di saluran pencernaan.

  • Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar memang seringkali membuat para wanita khawatir, karena terdapat banyak potensi masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan karenanya.

Makan nanas saat haid adalah salah satu langkah dan cara mengatasi masalah haid tidak lancar yang banyak direkomendasikan. Cara kerja nya hampir sama seperti manfaat untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan.

Hal ini dikarenakan enzim bromelain yang terdapat pada bagian daging dekat buah nanas mampu membantu untuk merangsang rahim untuk meluruhkan lapisan dindingnya.

  • Mencegah Kanker

Dalam sebuah penelitian ditemukan, enzim bromelain di dalm buah nanas memiliki efek anti kanker, meningkatkan kematian sel apoptosis serta mencegah pertumbuhan tumor.

Selain itu, enzim bromelain juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai agen terapeutik dalam mengobati kanker.

  • Mengatasi Nyeri Haid

Enzim bromelain dalam buah nanas memiliki sifat anti inflamasi. Keberadaan enzim ini menjadikan nanas dipercaya sebagai alternatif alami yang ampuh untuk mengatasi rasa sakit akibat nyeri haid seperti halnya mengkonsumsi obat pereda nyeri haid.

Dalam mengatasi nyeri haid, enzim bromelain bekerja untuk mengurangi reaksi tegang otot rahim yang dialami oleh para wanita serta mengurangi produksi hormon prostaglandin yang memicu terjadinya kram perut dari dalam tubuh.

Demikianlah manfaat dari makan nanas saat haid bagi kesehatan para wanita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s