Tips Sukses Bisnis Bukan Passion Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar

Para pengusaha muda kebanyakan membuka bisnis berdasarkan passion mereka, namun tak jarang sekalipun sudah sesuai passion tetapi bisnis yang dijalankan tetap mengalami kegagalan. Lalu bagaimana cara membangun bisnis agar sukses sekalipun tidak sesuai passion? Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar akan memberikan tipsnya disini :

  1. Jangan Terfokus Pada Passion Saja

Salahnya, banyak pengusaha yang membuka bisnis berdasarkan passion tanpa melihat peluang dan mengukur hal detail lainnya, mereka cenderung langsung merasa cocok dengan bisnis yang akan dibuka, padahal belum tentu bisnis yang sesuai passion lebih menghasilkan.

  1. Lihat Peluang Yang Ada

Cara terbaik untuk melihat peluang adalah dengan memposisikan diri sebagai seorang pembeli, analisis produk apa yang paling diperlukan dan selalu dibeli, juga produk apa yang paling menarik minat Anda, jika sudah menemukan bisnis yang cocok, sebaiknya langsung take action, tak usah pikirkan bahwa itu bukan passion Anda.

  1. Buat Tekad Yang Kuat

Mungkin bisnis yang akan Anda buka sama sekali bukan passion Anda, tapi menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar yang terpenting adalah TEKAD. Jika tekad Anda sudah bulat, sudah saatnya Anda menjatuhkan fokus ke bisnis tersebut.

  1. Berikan Persiapan Yang Matang

Sebelum take action, selalu pikirkan matang-matang segala perencanaan yang ada, kalkulasikan modal dan juga cost awal, pastikan persiapan dan perencanaan tidak ada minus sedikit pun.

  1. Sempurnakan Strategy

Jika biasanya pembisnis lain membuat usaha dulu baru memikirkan strategy,maka sudah saatnya Anda membuat strategy sempurna untuk Bisnis ini, bayangkan vision tentang keadaan bisnis Anda di masa depan, pikirkan kendala apa saja yang akan ditemui dan bagaimana cara mengatasinya, juga pikirkan pemasaran seperti apa yang akan dijalankan.

  1. Jalankan Pelan-Pelan

Persiapan sudah sempurna, sarana dan prasarana juga SDM sudah tersedia maka sudah saatnya untuk mulai running, tidak usah terlalu terburu-buru karena mengejar balik modal, sudah saatnya kita menikmati bisnis yang berjalan perlahan-perlahan, kesuksesan akan terasa sedikit demi sedikit, dan jika sudah demikian lambat laun bisnis tersebut akan menjadi besar dan menguntungkan.

Demikian tips membangun bisnis sekalipun bukan passion menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, Anda  bebas melakukan hal yang Anda suka sesuai passion,tetapi untuk urusan bisnis sebaiknya Anda berpikir lebih matang dan terfokus lagi, sebab jika membuka bisnis berdasar passion namun wawasan tentang detail bisnisnya kurang, hal tersebut akan berimbas buruk pada keberlangsungan bisnis. Jadi Anda tidak perlu takut membuka bisnis yang bukan passion, sebab passion Anda tetap bisa disalurkan ke bidang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s