Tahukah Anda Perbedaan HPL, Wallpaper Sticker Dan Floor Sticker?

Sebelum menghias rumah Anda dengan lapisan atau finishing, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan antara HPL laminate, wallpaper sticker dan floor sticker. Menurut Toko HPL Jakarta, ada banyak perbedaan antara elemen – elemen tersebut yang bisa saja Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

taco

Sebagaimana yang telah Toko HPL Jakarta pasarkan, ada berbagai macam kebutuhan untuk pelapisan finishing furniture. Terutama untuk jenis finishing seperti HPL. Namun demikian, tetap saja masih banyak orang-orang yang bingung dengan istilah HPL dan bedanya dengan wallpaper atau floor stiker.  Apa saja perbedaannya? Berikut Toko HPL Jakarta akan menjelaskan secara terperinci, mari disimak :

Wallpaper sticker merupakan kertas atau bahan material dari kertas atau campurannya yang digunakan untuk menghias dinding dengan pola berulang. Biasanya wallpaper ini digunakan untuk menghiasi dinding secara penuh atau full covering. Biasanya anak sekolah suka menggunakan wallpaper sticker ini untuk kamarnya dengan gambar yang lucu atau hiasan bintang – bintang seperti suasana luar angkasa.

Pada dasarnya, ada jenis wallpaper yang perlu lem tambahan dan ada pula wallpaper yang sudah terpasang lem seperti sticker. Terlebih, kini ada wallpaper tanpa bahan dasar kertas yang disebut dengan wall covering dengan bahan 100% Vinyl.

Kelebihan wallpaper yaitu motif dan tekstur beragam sehingga banyak pilihannya, pemasangan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu tidak perlu banyak peralatan dan teknik khusus untuk memasangnya.

Kemudian, wallpaper sticker juga memiliki kelemahan yaitu tidak cocok untuk outdoor karena dapat mengurangi daya tahan perekat ataupun warna motifnya. Dan juga wallpaper tidak bisa menahan tetesan air secara terus menerus jika masuk ke dalam perekatnya. Oleh karena itu, pastikan sebelum memasang wallpaper ini tidak ada masalah kebocoran, dinding bersih, rata, tidak lembab dan kering agar daya tahannya lebih kuat.

Selanjutnya yaitu floor sticker. Menurut Toko HPL Jakarta, floor sticker merupakan stiker untuk menempel dan menutupi sebagian atau keseluruhan dari lantai. Sebagaimana yang telah kita ketahui, lantai merupakan bagian yang paling sering kotor dan harus sering dibersihkan. Maka, bahan dari floor sticker memiliki ketahanan terhadap air sehingga dapat di pel dan tahan terhadap air atau noda.

Floor sticker yang terbuat dari vinyl self adhesive ini memiliki kelebihan seperti daya tahannya. Floor sticker ini juga memiliki daya tahan terhadap tumpahan air dan goresan benda tumpul bila ingin memindahkan barang atau furniture.

Yang terakhir adalah HPL atau High Pressure Laminate. Toko HPL Jakarta mengatakan, HPL adalah bahan material finishing yang digunakan sebagai lapisan paling atas untuk interior dan furniture. HPL ini terdiri dari 3 lapisan yaitu overlay paper, pattern paper dan kraft paper yang diresapi dengan resin. Kemudian dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk laminasi.

HPL sering digunakan sebagai bahan finishing daun pintu, lemari, meja dan lain-lain. Kemudian, HPL juga memiliki kelebihan yaitu anti gores dan anti air. Meskipun tidak seratus persen anti gores, namun material ini kuat karena bahan utamanya adalah plastik kertas PVC dengan permukaan bertekstur.

Demikian ulasan yang dapat Toko HPL Jakarta sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s