Ini Dia Material Dasar Pembuatan Furniture

Perlu Anda ketahui dan perhatikan bahwa kekuatan serta keindahan furniture sangat bergantung pada material dasar pembuatannya. Oleh karenaitu, Toko HPL Jakarta selaku distributor resmi HPL laminate dari Taco menyarankan kepada Anda untuk memperhatikan bahan dasar pembuatan furniture sebelum membelinya.

taco

Hal ini penting agar Anda tidak kecewa dengan furniture yang sudah dibeli dengan harga yang cukup mahal, tetapi tidak memiliki kualitas yang tahan lama. Lantas, apa saja bahan bahan dasar yang bisa dijadikan furniture dan memiliki daya tahan relatif lama? Berikut ulasannya:

Menurut Toko HPL Jakarta, kayu solid merupakan bahan dasar yang sering dijadikan furniture karena kekuatannya. Selain itu, Toko HPL Jakarta juga mengatakan, jenis bahan ini merupakan terkuat dibandingkan dengan kayu olahan. Namun, karena volume penanaman dan penebangan pohon yang tidak seimbang, menyebabkan persediaan kayu solid terbatas dan harganya lebih mahal.

Kemudian ada juga bahan dasar yang bernama plywood. Plywood merupakan bahan dasar umum yang digunakan untuk pembuatan furniture. Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan kayu solid. Namun jangan harap plywood ini memiliki kualitas yang sama dengan kayu solid. Tentu harga tidak bisa bohong.

Hanya saja, plywood ini merupakan kayu olahan yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya seperti hdf, mdf, atau partikel board. Bahan dasarnya adalah kulit kayu yang berlapis-lapis dan di press dengan tekanan tinggi.

Selanjutnya ada yang disebut dengan partikel board. Jenis bahan ini tidak bisa digunakan khususnya bagi Anda yang ingin memiliki interior bertahan lama dan tempat tinggal yang rawan banjir. Partikel board ini merupakan jenis kayu olahan yang kelasnya cukup rendah dibanding lainnya. Menurut Toko HPL Jakarta, partikel board juga sangat rentan air, karena terbuat dari serbuk kayu kasar yang dipress sehingga memiliki pori-pori yang lebih besar, dan lebih mudah tembus air dan tidak kuat menahan beban berat. Namun jenis bahan dasar ini bisa tahan lama jika ditempatkan di suasana yang tidak lembab serta tidak terkena air.

Kemudian yang lebih rendah dari partikel board ada yang disebut dengan Medium Density Fiberboard atau disingkat dengan MDF. MDF ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan plywood dan blockboard.

MDF ini merupakan serbuk kayu halus yang diproses pada furniture fabrikasi yang dijual dalam bentuk sudah jadi yang biasanya sebagai pelapis luarnya kertas bertexture. Namun, bahan MDF ini banyak dipakai sebagai bahan dasar furniture import.

Itulah tadi beberapa bahan dasar furniture yang dapat Toko HPL Jakarta sampaikan dan bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli furniture serta dapat Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s