Rapikan Interior Rumah Minimalis Anda Dengan Furniture Kayu Yang Telah Dilapis

Tahukah Anda tentang lapisan kayu dari jenis Veneer? Jenis finishing ini hanya diaplikasikan pada jenis kayu olahan, tidak seperti HPL laminate yang harganya terjangkau dan bisa untuk kayu jenis apapun. Veneer adalah lapisan kayu tipis seperti lembaran papan yang direkatkan pada kayu olahan untuk menghasilkan tekstur dan motif kayu yang tampak seperti kayu sungguhan pada kayu olahan.

taco

Sementara itu, lapisan HPL adalah jenis kertas tebal yang memiliki motif dan tekstur seperti kayu yang biasanya direkatkan pada kayu olahan. Lapisan PVC adalah jenis plastik tipis dengan tekstur dan motif yang menyerupai kayu atau motif tertentu yang dapat direkatkan pada kayu olahan.

Perlu Anda ketahui bahwa, kayu olahan menerima perlakuan finishing ini karena tekstur aslinya yang kasar, karena berasal dari olahan kayu-kayu sisa, seperti Blockboard, MDF, dan particle board. Proses pengaplikasian lapisan finishing pada kayu olahan biasanya secara direkatkan dengan perekat maupun laminasi dengan tekanan dan panas yang tinggi, karena lapisan tersebut sudah tersedia dalam bentuk lembaran. Produk kayu olahan dan finishing biasanya diolah oleh pabrik dan tersedia dalam ukuran-ukuran besar.

Bentuk dan lapisan veneer sangat beragam, dari motif veneer kayu yang sangat serupa kayu asli, HPL yang smooth dan halus, maupun PVC yang glossy dan licin, sangat cocok untuk aneka gaya favorit Anda. Setelah mengetahui jenis finishing apa yang dipakai oleh furnitur kayu, hal tersebut dapat sangat berpengaruh dalam bagaimana cara Anda untuk merawat furnitur.

Berikut kami akan bahas bagaimana cara merawat furniture dengan baik dan benar, agar interior furniture rumah Anda awet dan tahan lama. Berikut lebih jelasnya :

Jenis finishing dasar dan natural seperti teak oil, pernis, dan politur membutuhkan pemolesan finishing secara berkala untuk membuat tetap terlihat segar dan seperti baru. Untuk pembersihan sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan kain lap kering, apabila membutuhkan air untuk membersihkan noda, sebaiknya dilakukan dengan sedikit air dan dilap dengan cepat, lalu segera mengeringkan bekas air tersebut. Finishing ini juga tidak terlalu kuat, jadi furniture dengan finishing ini harus dijauhkan dari paparan matahari langsung, suhu yang terlalu tinggi atau rendah, dan goresan maupun benturan.

Jenis finishing Nitro cellulose lacquer dan melamine meskipun memiliki ketahanan yang cukup tinggi, tetapi tetap harus dijaga terhadap paparan matahari langsung, suhu yang terlalu tinggi dan rendah, serta goresan maupun benturan. Jauhkan furniture dari luar ruangan untuk menjaga warna dan kualitas furniture tidak pudar dan rusak.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai interior rumah yang harus Anda rawat guna tetap memiliki tampilan indah. Untuk lapisan furniture kayu Anda bisa menggunakan HPL laminate yang harganya sangat terjangkau, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s