Tips Memilih Keramik Untuk Dinding

CORTEZA2aKeramik merupakan salah satu elemen material yang rawan rusak, oleh sebab itu diperlukan sedikit kehati-hatian dalam memilih dan memasangnya. Hampir semua jenis keramik dinding mempunyai kualitas berbeda-beda.

Tentunya kualitas di sini biasanya ditentukan oleh harga. Jika harga keramik semakin mahal dan model ukurannya semakin tebal serta keras, maka biasanya kebanyakan orang beranggapan, bahwa itu merupakan jenis keramik terbaik.

Maka dari itu, saran mengenai tips memilih keramik yang berkualitas dan paling tepat untuk berbagai ruangan dalam bangunan merupakan bagian yang cukup penting. Mulai dari tips memilih keramik untuk lantai, dapur, teras, ruang tamu, kamar mandi.

Beberapa area dinding pada sebuah bangunan sering kali tidak bisa dihindari berada pada situasi lembab seperti kamar mandi, dapur, dinding bagian luar rumah atau dinding ruang dalam rumah sakit yang banyak bersinggungan dengan air untuk menjaga kebersihannya.

Sifat keramik dengan lapisan glazur pada permukaan atasnya memiliki tingkat porositas mendekati sempurna sehingga mampu menahan resapan air ke dalam. Selain itu, sifatnya yang licin memberi kemudahan untuk membersihkannya.

Memilih keramik dinding ada seninya karena harus disesuaikan dengan fungsi dan aplikasi pemakaiannya. Selain itu karena prinsipnya sebagai pelapis yang sifatnya tidak struktural, maka tingkat kekerasan keramik untuk dinding tidak perlu setingkat dengan keramik lantai.

Keramik dinding pada umumnya dibuat dengan ukuran yang berbeda dengan keramik lantai. Jika pada umumnya keramik lantai dibuat bujur sangkar maka keramik dinding dibuat persegi memanjang. Selain sebagai pembeda visual, efek yang ditimbulkan dari pemasangan pada dinding secara horisontal atau vertikal memberi efek psikologis memperlebar atau mempersempit ruangan.

Keramik untuk pemakaian dinding dilengkapi dengan aksesoris seperti listello dan relief. Listello memberi aksen pada bidang tepi atau memisahkan dua jenis keramik yang berbeda. Misalnya pada aplikasi kamar mandi, penempatan listello biasanya memisahkan sepertgai bagian dinding di bawah dengan dua pertiga bagian atasnya.

Sedangkan pada dinding dapur penempatan aksesoris lebih fleksibel dalam bentuk relief dinding sesuai dengan tema, mengkombinasi dua jenis keramik persegi disusun secara berselaing seperti papan catur serta menggunakan listello pada posisi batas bersinggungan dengan lemari kabinet.

Untuk keramik dinding biasanya dipilih keramik yang permukaannya berglazure dan kilap karena karakter ini memudahkan proses pembersihannya. Dinding dapur misalnya seringkali beresiko terkena cipratan minyak dan terkena uap yang mengandung lemak sehingga menyebabkan permukaannya kusam dan berlemak.

Dengan menggunakan cairan sabun yang dicampur dengan air hangat permukaan keramik berglazure sudah cukup efektif membersihkan kotoran tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s