Tips Agar Nat Keramik Kuat

CEMENTO2aAgar Nat menjadi Kuat dan tahan lama. ada satu hal yang sering dianggap remeh dan sepele ketika memasang keramik lantai dapur atau lantai ubin lainnya yaitu proses pengerjaan nat. Padahal kualitas nat juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap daya tahan lantai.

Banyak terjadi kasus lepasnya satu ubin atau beberapa sekaligus karena kualitas pengerjaan nat yang kurang bahkan tidak sempurna. Ini bisa terjadi karena nat tidak bisa melekat secara erat sehingga tidak bisa tahan lama.

Kendati demikian, bagaimanakah cara agar nat menjadi kuat dan tahan lama? Banyak orang yang memiliki anggapan jika celah nat yang rapat atau sempit itu bagus, padahal hal ini tidak benar sama sekali. Yang paling bagus adalah nat minimal memiliki ukuran tebal sekitar tiga millimeter jika digunakan pada lantai dan lima millimeter pada dinding.

Jika terlalu sempit adonan nat tidak akan bisa masuk hingga ke dalam dan dasar lantai. Sehingga nat hanya menempel di bagian permukaannya saja. Oleh sebab itu, daya tahan nat menjadi tidak kuat sehingga lantai mudah terlepas. Namun jika ukuran nat terlalu lebar juga tidak bagus karena bisa membuat proses pembersihan dan penghalusan sulit dilakukan.

Proses pembuatan adonan nat atau pengadukannya juga harus dikerjakan dengan sempurna, terutama pada ukuran kekentalannya. Jika terlalu kental bisa membuat adonan nat tidak bisa masuk hingga ke dalam.

Namun sebaliknya jika terlalu cair akan memberi efek berupa munculnya rongga atau celah nat tidak bisa terisi penuh karena ketika sudah kering bagian atasnya tidak bisa terisi. Keduanya bisa membuat nat menjadi tidak kuat dan mudah rapuh.

Kemudian untuk adonannya, sebaiknya tidak menggunakan semen biasa karena jenis semen ini tidak bersifat anti air sehingga bisa menimbulkan lumut jika berada di tempat basah atau sering terkena percikan air. Lebih bagus menggunakan semen khusus dan cairannya untuk mengisi nat.

Semen khusus ini dibuat dari pasir jenis silica dan portland serta bahan lainnya yang dibuat dengan teknik khusus. Kelebihan lainnya adalah, apabila semen biasa hanya terdiri dari satu warna saja yaitu abu-abu, tetatpi semen khusus untuk nat memiliki yang selaras dengan jenis warna lantainya.

Sebelum adonan dimasukan, celah nat harus dibersihkan lebih dulu. Kotoran yang sering masuk adalah kerikil kecil atau butiran pasir. Keluarkan benda ini dari celah menggunakan batang lidi atau kawat. Jika tidak dihilangkan benda seperti ini bisa menjadikan kwalitas nat menjadi berkurang.

Demikian tips tentang bagaimana cara agar nat keramik lebih kuat, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s