Cara Mengetahui Kekurangan Dan Kelebihan Jenis Bahan Lantai Rumah

DAMASCO2a

Lantai sebagai salah satu bagian dari struktur rumah memiliki fungsi pokok tumpuan kaki berpijak dan tempat berdirinya semua barang-barang rumah tangga. Namun saat ini lantai granit memiliki fungsi ganda mengiringi perkembangan teknologi dalam bidang disain interior dan kemajuan peralatan bangunan. Kita dapat memilih beranekaragam jenis lantai mulai dari yang berukuran kecil hingga yang paling besar sekalipun. Dengan harga yang murah hingga harga yang mahal pula.

Namun kadangkala tidak sempat terpikir oleh kita mengenai jenis lantai yang mana sesuatu yang akan kita gunakan dan bagaimana karakteristiknya, kekurangan dan kelebihannya. Pengetahuan tentang hal ini sangat penting sebelum kita berbelanja ke toko material bangunan dan menentukan jenis lantai yang akan dibeli. Sehingga melalui berbagai pertimbangan yang matang kita tidak akan kecewa diakhir.

Penggunaan aneka jenis lantai untuk rumah juga harus disesuaikan dengan karakteristik dan model rumah terutama interiornya. Berikut ini beberapa macam lantai berdasarkan corak dan tekstur, ukuran bahan pembuatan, pola, dan warna lantai serta kekurangan dan kelebihannya.

  • Lantai tegel

Jenis lantai ini merupakan lantai paling lama digunakan sebagai bagian dari rumah. Tegel terbuat dari campuran bahan semen dan pasir beton, dan diatasnya disiram aci supaya halus. Memiliki ketebalan hingga 2,5 cm, sehingga cukup berat mengangkatnya. Jika tegel pada rumah-rumah lama yang umumnya berada di Indonesia, tegel tidak berwarna, hanya warna abu-abu sehingga kesannya membosankan. Perawatannya relatif sulit apabila terkena noda cuka atau siraman air kopi. Masih ada bekas yang menempel.  Dari sisi teknis memasangnya pun tidak secepat memasang keramik, karena ukurannya cukup berat dalam satu keping.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Keramik

Dengan beragamnya warna, ukuran, corak, pola, dan tekstur keramik, maka jenis lantai ini paling banyak dipakai orang Indonesia untuk berbagai keperluan seperti lantai carpot, lantai interior rumah, kamar mandi, bak mandi, meja dapur, dinding rumah dan pagar.

Dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kondisi keuangan kita, perawatannya juga sangat mudah. Teknik pemasangan juga sangat memanjakan tukang. Memiliki bobot yang cukup ringan per kepingnya. Corak, warna dan tekstur relatif seragam per dusnya. Kelebihan lain adalah ukuran yang beragam untuk dinding dan lantai, serta corak dan tekstur yang dapat disesuaikan dengan ruangan yang akan dipasang keramik.

Disisi lain juga terdapat kekurangan yaitu, mudah pecah jika terkena benturan ketika membawanya. Kadangkala terdapat cacat pada bagian ujung keramik terutama keramik dengan harga yang murah.

Demikian beberapa macam jenis lantai yang biasa digunakan untuk lantai rumah. Silakan Anda pilih mana yang paling disukai dan sesuai dengan tipe, model dan kondisi keuangan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s