Panduan Memilih Keramik Unuk Kamar Mandi

Saat merancang sebuah ruangan, entah itu dapur, kamar tidur atau kamar mandi, langkah yang harus dipikirkan tidak selalu soal bentuk dan tampilannya. Penggunaan material yang tepat juga harus dimasukkan kedalam catatan penting saat merancang ruangan. Salah satunya agar tidak melebihi anggaran untuk keramik lantai hunian Anda.

IKP_6037-copy

Pada kamar mandi contohnya. Ruang basah di dalam ruma yang paling banyak mengkonsumsi energi dan membuang limbah air ini harus Anda buat sebaik mungkin dengan menggunakan bahan bangunan yang bagus, termauk pemilihan keramik lantai. Upaya ini di tujukan untuk melakukan penghematan, sekaligus kemananan bagi seluruh anggota keluarga Anda di dalam rumah. Berikut beberapa poin panduan dalam menentukan jenis keramik lantai kamar mandi yang tepat.

  • Sesuaikan dengan dana dan kebutuhan

Banyaknya varian harga dan model keramik lantai kamar mandi yang dijual di pasaran membuat Anda harus jeli sebelum membeli. Sesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan budget yang dimiliki. Anda dapat membeli keramik lantai murah berkualitas atau keramik lantai mahal yang sesuai dengan desain kamar mandi.

  • Sesuaikan jenis

Ada 4 jenis lapisan keramik lantai yang umumnya ditemukan, yakni glossy atau mengkilap, satin, matte dan bertekstur. Klasifikasi inilah yang membedakan licin atau tidaknya suatu keramik lantai. Permukaan keramik lantai kamar mandi harus aman saat diinjak bahkan dalam kondisi basah sekalipun. Terlebih bila penggunanya adalah anak-anak dan orang tua.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan keramik lantai kamar mandi yang bertekstur atau memiliki permukaan anti-slip atau tidak licin. Keramik lantai kamar mandi dengan permukaan glossy atau tidak bertektur lebih disarankan dipasang pada dinding kamar mandi. Tujuannya untuk memudahkan proses bersih-bersih dari sisa sabun atau jamur dan lumut yang menempel.

  • Sesuaikan ukuran

Guna mendapat hasil yang maksimal, maka ukuran keramik lantai kamar mandi harus disesuaikan dengan luas kamar mandi Anda. Perhatikan juga arah aliran air untuk menentukan tingkat kemiringan lantai menuju arah pembuangannya, yakni sekitar 1 %.

Ukuran lantai yang tidak terlalu besar akan membantu mengalirkan aliran air tersebut. Unsur lain yang perlu dicermai adalah sinkornisasi antara layout dan besarnya ruangan. Jika area terbatas, maka penggunaan keramik lantai kamar mandi berukuran besar akan memberikan kesan luas pada kamar mandi. Begitupun dengan ukuran keramik yang dibuat memanjang secara horizontal.

  • Sesuaikan warna dengan tema

Tidak luput juga menyeleksi warna keramik. Bila ruangan Anda kurang mendapatkan sinar matahari, maka keramik lantai kmar mandi dengan corak terang dapat menjadi alternatif terbaik. Desain keramik lantai ataupun keramik dinding kamar mandi turut mempengaruhi hasil akhir yang senada dengan tema rumah.

Kendati terlihat simple, akan tetapi hal ini sangat perlu dicermati saat Anda sudah menentukan pilihan. Tanya juga kepada pihak toko dimana Anda membeli keramik lantai tersebut, apalah produk yang Anda beli dibekali dengan garansi atau tidak. Hal ini penting dilakukan guna memastikan izin penukaran apabila barang terbukti cacat saat dibuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s