Bahan Ampuh Hilangkan Kotoran di Nat Keramik Lantai

unicolor

Nat adalah sambungan pada keramik lantai. Bagian ini terbuat dari campuran air, pasir dan semen serta berfungsi untuk melekatkan keramik lantai pada tempatnya. Sebagai salah satu bagian dari komponen lantai, nat tidak bisa diabaikan begitu saja. Selain memberi nilai tambah secara estetika, nat pun mampu mencegah terjaduinya rembesan terutama pada area basah, seperti kamar mandi dan dapur.

Akibat lantai sering diinjak, tidak heran bila akhirnya garis-garis nat dengan mudah mengumpulkan kotoran dan noda. Bahkan yang umum terjadi adalah nat berubah warna, dari putih ke abu-abuan menjadi coklat hingga hitam. Jika nat keramik lantai di rumah Anda sudah terlanjur demikian, jangan risau. Ada sejumlah cara mudah dan praktis yang dapat Anda lakuka. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.
1. Cuka dan amonia merupakan salah satu campuran bahan yang dapat Anda gunakan. Sebelum memulai, terlebih dahulu bersihkan lantai secara menyeluruh. Mulai dari mengelap semua meja dapur berbahan keramik serta menyapu lantai. Langkah ini sangat perlu Anda lakukan dengan tujuan membuat lapisan kotoran paling atas hilang dan membuat pekerjaan pembersihan nat keramik menjadi lebih mudah.
Selanjutnya campur 7 cangkir air hangat, 1/2 cangkir soda kue, 1/3 cangkir amonia dan 1/4 cuka putih di sebuah ember. Lalu tuang campuran tersebut dalam sebuah botol semprotan dan kocok. Semprotlah seluruh nat keramik lantai hongga basah dan biarkan larutan tersebut meresap selama 3-5 menit. Setelah meresap, gosok nat keramik lantai yang kotor dengan sikat berbulu kaku atau sikat gigi secara kuat hingga kotoran terangkat. Penggosokan yang Anda lakkan mungkin menghasilkan genangan kecil cairan kotor di keramik lantai. Gunakan kain lap basah untuk membersihkannya dan peraslah kain tersebut kedalam wadah terpisah.
2. Metode pembersihan lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan campuran hidrogen peroksida dan soda kue. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah hingga membentuk pasta kental. Lalu oleskan campuran tersebut ke bagian nat keramik lantai dengan jari Anda atau sikat gigi. Oleskan dengan tebal dan benar-benar menutupi nat tersebut. Tunggu selama 5-10 menit.
Gunakan sikat kecil untuk menggosok nat yang telah diberi pasta. Tekan pada area yang kecil untuk mengangkat kotoran serta noda. Jika nat keramik lantai Anda masih kotor, tambahkan lagi pasta dan lakukan penggosokan ulang untuk hasil akhirnya, lap sisia kotoran dengan kain bersih.
3. Terakhir, Anda dapat memakai pemutih oksgen untuk membuat nat pada keramik tampil bersih kembali. Langkah pertama, larutkan pemutih oksigen dan air hangat dengan ukuran takaran yang sama. Biarkan hingga benar-benar menyatu. Tuanmg pemutih tadi ke area nat yang kotor, atau juga bisa menggunakan botiol semprot bila dirasa lebih mudah.
Diamkan larutan tersebut agar bekerja dengan optimal. Selama kurang dari 10-20 menit. Sedamgkan jika nat terserang noda membnandel, Anda dapat membiarkan lrutan meresap selama 1 jam. Selanjutnya gosok nat tersebut secara kuat agar kotoran dan noda segera terkelupas. Ketika sudah selesai, ambil handuk kering untuk membersihkan pemutih kotor yang menggenang.
Demikian 3 campuran bahan yang dapa Anda gunakan untuk membersihkan nat keramik lantai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s