Waspada Bahaya Mendengkur Secara Berlebihan Di Malam Hari!

sleep-apnea

Mendengkur merupakan kebiasaan buruk yang menjadi hal lumrah bagi masyarakat saat sedang tidur.

Suara yang ditimbulkan pun tentu mengganggu pasangan atau teman sekamar bukan? Jika Anda mengalaminya atau memang ada teman atau sanak keluarga memiliki kebiasaan buruk ini, berhati-hatilah.

Anda tahu tidak? Dengkurang merupakan salah satu gejala utama apnea tidur/sleep apnea, yang bisa dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kondisi berbahaya bila terlalu lama dibiarkan.

Terutama bagi Anda para pria, mendengkur sering terjadi, terutama dengan berat badan di atas rata-rata ideal. Dan sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan ini mengidap sleep apnea dengan ciri-ciri utamanya adalah mendengkur.

Hmm apalagi sebagian orang yang memiliki amandel besar dapat mempersempit jalan napas sehingga dapat menyebabkan dengkuran saat tidur. Riwayat keluarga yang mendengkur dan mengonsumsi minuman keras dapat meningkatkan risiko mendengkur.

snoring

Dan seiring bertambahnya usia, dengkuran dapat menjadi semakin parah! Hati-hati!

Bahkan ada kasus tertentu, menurut penelitian bahwa mendengkur dapat dihubungkan kepada peningkatan risiko berbagai kondisi dan penyakit berbahaya, yaitu:

Aritmia

Dalam jangka panjang, apnea tidur onstruktif berisiko kepada pembesaran atrium kiri jantung dan memungkinakn dapat mempengaruhi konduksi listrik jantung.

Dengan demikian, orang yang menderita panea tidur berisiko mengalami fibrilasi atrium dan aritmia (gangguan irama jantung).

GERD

Orang yang mendengkur dan mengidap sleep apnea juga berisiko mengidap gastroesophgeal reflux disease (GERD)/penyakit refluks asam lambung karena tenggorokannya tertutup ketika aliran udara keluar dan masuk saat tidur.

Nokturia

Kebiasaan mendengkur juga berhubungan dengan kecenderungan terbangun di malam hari, seperti mudah terbangun karena buang air kecil sehingga lebih dari dua kali di malam hari.

o-migraine-silent-stroke-facebook

Stroke

Semakin keras dan panajng dengkuran, seseorang dapat berisiko terkena stroke lebih tinggi. WOW!

Pernyataan ini dibuktikan pada sebuah penelitian yang menemukan bahwa intensitas mendengkur berhubungan dengan risiko aterosklerosis karotis.

Artinya, penyempitan arteri pada leher akibat timbunan lemak yan disebut plak. Plak inilah yang dapat menyebabkan stroke.

Jadi sebaiknya periksakan diri terutama jika Anda mengalami kondisi lain seperti tekanan darah tinggi atau napas yang berhenti saat tidur. Karena bisa jadi ini adalah gejala Anda mengalami stroke.

Jadi demikian merupakan beberapa penyakit berbahaya yang bisa berisiko Anda alami akibat mendengkur. Sebaiknya hati-hati dan gunakan kasur kesehatan untuk menunjang tidur menjadi lebih nyaman serta nyenyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s