Yuk Cari Tahu Cara Atasi Masalah Sulit Tidur!

Tired Sleepy Woman

Anda sering mengalami sulit tidur di malam hari? Anda pasti sedang merasakan cepat letih dan mudah mengantuk di siang hari.

Hmm, hal ini memang menjadi pemicu pekerjaan menjadi tidak efektif. Bagaimana bisa mau fokus pekerjaan sedangkan tubuh sulit untuk dikendalikan, akibat sulitnya tidur di malam hari.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab terjadinya seseorang sulit untuk mendapatkan waktu tidur dengan tenang. Bisa karena ia mengerjakan pekerjaan di tempat tidur, banyak pikiran hingga spring bed yang di gunakan juga mempengaruhi kenyamanan seseorang.

Lalu bagaimana caranya ya agar tidur bisa tenang lagi? Kalau masalah spring bed, pilih kasur kesehatan yang dapat membantu Anda tidur dengan baik. Pilih spring bed yang benar dan teliti, karena kasur dipakai untuk jangka yang cukup lama.

Pasang Lampu Remang-Remang

3033373-poster-p-1-is-seven-hours-a-night-the-optimal-amount-of-sleep

Hormon melatonin yang memicu rasa kantuk akan dilepaskan dalam jumlah lebih banyak dalam kondisi penerangan remang-remang atau gelap sama sekali.

“Melatonin” ini adalah hormon kegelapan, dan tidak akan bekerja jika lampunya terang. Anda membutuhkan transisi menuju kegelapan sekitar pukul 9-10 malam. Disarankan untuk duduk-duduk terlebih dahulu di ruang gelap sebelum tidur.

Memakai Kaos Kaki

Sebagian ekstremitas bawah atau bagan ujung bawah dari tubuh paling sensitif terhadap suhu dingin.

Anda akan sulit untuk tidur nyenyak bila bagian kaki kedinginan. Sepasang kaus kaki sangat ampuh untuk mengatasi masalah ini. Anda juga dapat memberikan lapisan tambahan pada selimut.

Lipat Pakaian

61yp6wfzeil

Apa hubungannya lipat pakaian dengan tidur ya?

Ini cuma sekedar saran saja untuk melipat pakaian sebelum tidur sebagai rutinitas. Kegiatan ini akan membentuk jam biologis yang menyadarkan otak jika sudah waktunya untuk mengantuk.

Tidak harus dengan melipat baju saja kok, ada aktivitas lain yang bisa dijadikan rutinitas menjelang tidur sesuai dengan kesukaan Anda.

Mandi Air Hangat

Berdasarkan penelitian tahun 1997 di New York Hospital-Cornell Medical Center, suhu tubuh secara alamiah akan menurun di kala malam dan mencapai titik terendah sekitar pukul 4-5 subuh.

Berendam atau mandi dengan air hangat sebelum tidur akan menaikkan suhu tubuh sehingga badan dan pikiran menjadi lebih rileks. Direkomendasikan untuk berendam air panas selama 20-30 menit sebelum tidur.

hard-at-play-but-sc-warns-it-could-lead-to-junk-sleep

Matikan Alat Elektronik

Barangkali cara ini paling susah dilakukan, paling tidak sebagai manusi modern yang menganggap teknologi sebagai bagian dari hidupnya. Namun tidak ada pilihan lain, perangkat harus dimatikan saat Anda menjelang tidur dan menghindari Anda dari radiasi sinyal yang mengganggu.

Cukup mudah kan? Jadi sebaiknya buat rutinitas sebelum tidur sendiri agar tubuh terbiasa dan kualitas tidur Anda terjaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s