Tips Hilangkan Karat Pada Besi Logam


Setiap orang biasanya memiliki barang yang berkarat di dalam rumah. Misalkan seperti pagar, besi-besi tua ataupun seperti mur baut yang jual besi murah disimpan terlalu lama di dalam gudang dapat menjadi berkarat bila tidak terawat dengan baik.

Jika Anda membeli kebutuhan rumah tangga untuk benda-benda pertukanagan seperti paku, kunci-kunci dan macam lainnnya tanpa dirawat, Anda hanya akan membuat benda tersebut menjadi berkarat. Tidak hanya itu, benda-benda tersebut dapat menjadi mudah rusak bila tidak digunakan.

Banyak orang yang menganggap jika benda sudah berkarat berarti rongsok dan harus dibuang begitu saja. Padahal sebenarnya benda-benda tersebut masih bisa dipakai oleh Anda, bila barang berkarat dibersihkan.
Ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada mur-baut hingga besi untuk dipakai lagi. Berikut ini caranya :

1. Cairan Kimia HCL

Anda dapat temukan cairan kimia HCL di toko kimia industi atau toko bangunan. Tidak perlu banyak, Anda cukup membelinya sesuai dengan kebutuhan.
Cara menggunakannya adalah dengan tuangkan HCL pada botol bekas ukuran 500ml yang dipotong 10cm sebagai wadahnya.

Campurkan sedikit air dengan perbandingan 1:2 . Hal ini untuk kurangi kecepatan korosi yang ditimbulkan oleh reaksi kimia HCL. Pakai sarung tangan dan masker agar Anda tidak terkena cairan berbahaya tersebut.
Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat benda yang berkarat tersebut dan Anda dapat melihat karatnya telah hilang dengan menggunakan pinset atau celupkan kedalam air serta gosok berulang-ulang.

Setelah itu Anda dapat mencucinya dengan sabun cuci pakaian dan lakukan pembersihan secara terus-menerus dengan sabun. Jika cukup bersih dan tidak ada warna kuning yang tertinggal, keringkan dengan kain lap bekas hingga tuntas kemudian beri lapisan anti karat untuk logam.

2. Cuka

Untuk menghilangkan karat pada bagian seperti gunting atau pisau dapat dihilangkan dengan merendam barang tersebut di dalam air cuka yang dicampur dengan abu gosok. Anda dapat merendamnya semalaman. Sesudah itu gosok pisau atau gunting dengan abu gosok kering atau amplas.

3. Aluminium Foil

Anda dapat siapkan aluminium foil secukupnya sesuai besar objek. Jika semakin besar benda tersebut, maka semakin lebar jgua aluminium foil yang disiapkan.Kemudian basahi aluminium dengan air secukupnya, dan siapkan bahan berkarat yang akan dibersihkan. Gosokkan aluminium pada permukaan benda yang berkarat. Setelah beberapa saat, karat menjadi lenyap dan permukaan benda kembali seperti semula sebelum berkarat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s