Intip Keunikan Pancake Yang Ada Di Seluruh Dunia

19-08-2015 16-15-21

Pancake atau kue dadar yang berbentuk bulat pipih telah menjadi makanan popular di Indonesia, baik sebagai makan pagi hingga sebagai makan malam, maupun sebagai sekedar cemilan.

Dengan rasanya yang manis, pancake mampu membius siapapun. Terlebih lagi dengan hadirnya Pancake Instan dari gandummas yang menambah citarasa dari kudapan ini.

Dengan keunikan dan citarasanya, pancake ini juga ada di berbagai negara dengan berbagai bentuk dan struktur, dengan bahan utamanya masih menggunakan susu, telur ayam, dan tepung terigu.

Yuk kita intip bagaimana bentuk pancake di berbagai negara, termasuk di negara kita sendiri, Indonesia.

1. Perancis

Crepe merupakan pancake tipis yang dipopularkan di Perancis dan kemudian menjadi trend di negara-negara lainnya, terutama di Asia. Crepe biasanya terbuat dari tepung gandum dan tepung gandum hitam (buckwheat) ditambah sedikit garam.

Crepe yang dibuat dari buckwheat biasa disebut galette yang hanya dimasak di satu sisi saja. Baik crepe maupun galette dihidangkan dengan cara digulung dengan isian berupa filling manis seperti buah-buahan, es krim hingga daging bacon, ayam, dan seafood.

2. Inggris

Inggris memiliki pancake yang hampir serupa dengan di Perancis tetapi hanya menggunakan bahan utama berupa tepung, telur, dan susu, dengan campuran adonan yang berair dan membentuk lapisan tipis yang bergelembung pada bagian bawah ketika panci dimiringkan.

Pancake di negeri Ratu Elizabeth biasa dimakan sebagai hidangan dessert yang manis dengan topping jus lemon dan gula bubuk. Di negara ini juga ada Crumpet yang merupakan variasi dari pancake yang terbuat dari tepung dan ragi dengan diameter lebih kecil dan ukuran lebih tebal.

3. Amerika dan Kanada

Pancake di Amerika & Kanada biasa disebut hotcakes, griddlecakes, atau flapjacks. Serupa dengan pancake di Britania, adonannya kental dan menggunakan baking powder sehingga lebih mengembang. Biasanya pancake dihidangkan dengan topping yang manis untuk sarapan maupun sebagai dessert, seperti sirup maple, mentega, selai, selai kacang, buah-buahan, dan madu.

4. Jepang

Okonomiyaki adalah pancake yang populer di Jepang yang terdiri dari adonan dan kubis dan diolah dengan cara digoreng. Topping bisa dipilih dari bahan-bahan yang sangat bervariasi sesuai dengan namanya “okonomi” yang secara harfiah berarti “apa yang kamu suka”. Hidangan ini tersedia di seluruh Jepang, tetapi yang paling populer di area barat, khususnya kota-kota Hiroshima dan Osaka.

5. Indonesia

Pancake asli Indonesia adalah surabi atau bisa juga disebut serabi. Terbuat dari tepung beras yang diadon bersama santan atau kelapa parut lalu disiram dengan kuah gula kelapa. Setiap provinsi di Indonesia memiliki resep serabi yang bervariasi sesuai dengan selera lokal. Surabi merupakan makanan ringan atau jajanan pasar.

Martabak manis atau terang bulan juga sering diasosiasikan sebagai pancake-nya Indonesia dengan bentuk yang jauh lebih tebal karena dilipat membungkus isiannya yang biasa berupa kacang, coklat, keju, atau mentega.

Itulah beberapa pancake dengan segala keunikannya dari berbagai negara termasuk di Indonesia. Apakah Anda termasuk yang menyukai kudapan pancake ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s