Coklat, Makanan Perubah Mood Anda!

Coklat? Nama sebuah makanan yang diolah dari biji koko atau cocoa. Coklat umumnya diberikan sebagai hadiah atau pemberian pada hari-hari istimewa. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik. Coklat sering digunakan sebagai ungkapan terimakasih, simpati, atau prihatin hingga ke pernyataan cinta. Dari dulu coklat bukan bermula sebagai makanan kecil, tetapii minuman dengan rasa yang istimewa.

Lalu bagaimana dengan jenis-jenis coklat? Terdapat banyak jenis produk yang boleh dikatakan sebagai coklat dan coklat konfeksyeneri. Walaupun bagaimanapun coklat merujuk kepada 3 jenis coklat yaitu, coklat susu, coklat putih dan coklat kosong.

Berikut adalah 4 jenis coklat yang biasa kita temui :

  1. Coklat Couverture

Coklat yang dihasilkan dari pada peggunaan bahan utama yaitu massa koko dan lemak koko. Coklat ini deknal sebagai coklat bermutu tinggi. Rasa coklat ini lembut dimulut, karena coklat ini berada dikelas A.

  1. Coklat Compound

Coklat yang lebih murah, bahan utama yang digunakan serbuk kkoko manakala dan lemak koko menggantikan lemakj koko asli. Coklat yang dihasilkan dari pada penggunaan serbuk koko. Coklat compound juga terdapat di Gandum Mas Kencana.

  1. Coklat Berperisa

Terdapat coklat berperisa dan berwarna. Isinya adalah coklat putih yang di beri perasa dan diwarnakan seperti perasa strawberry, DLL.

  1. Coklat Tanpa Gula

Bahan utama dari coklat tanpa gula, sudah jelas tanpa gula. Gula bisa digantikan dengan maltitol dan isomalt.

Mengapa Makan Coklat?

Memang tidak dapat dinafikan lagi bahawa coklat merupakan makanan, minuman dan snek yang popular di kalangan kanak-kanak dan orang dewasa. Walau bagaimanapun, coklat dianggap sebagai makanan junk dan tidak berkalori, enak tetapi tidak berkhasiat. Tetapi pada hakikatnya adalah sebaliknya. Yang nyatanya, coklat adalah makanan yang penuh khasiat dan berupaya menyumbang kepada keperluan pemakanan secara positif. Sebagai contoh, kandungan zat di dalam coklat susu berbanding coklat putih.

Manfaat Coklat bagi Kesehatan kita.

Coklat dengan kandungan lebih dari 70 persen juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanya antioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, membuat coklat menjadi salah satu minuman kesehatan. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s