5 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Wajib Di Cicipi Saat Berlibur

martabak manis

Bangka belitung adalah sebuah provinsi yang namanya diambil dari dua kepulauan yaitu bangka dan belitung. Di provinsi ini selain terkenal sebagai penghasil timah terbesar di indonesia ini, Babel juga memiliki jutaan pesona alamnya.

Selain wisata alamnya yang menakjubkan, belum lengkap jika berwisata ke Bangka Belitung tidak mencicipi aneka kulinernya yang menggugah selera.

Banyak tempat wisata kuliner enak yang ada di Bangka Belitung, dimana hampir semua tempat tersebut sangat ramai di kunjungi baik warga asli maupun wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Dengan banyaknya Harga tiket pesawat murah Airasia semakin memudahkan wisatawan mengunjungi provinsi indah ini.

Jika Anda adalah seorang maniak kuliner dan berencana mengeksplor Bangka Belitung, berikut 5 lokasi kuliner lezat di provinsi tersebut.

1. Mie koba

Bertempatan di pangkal pinang, Anda bisa mencicipi mie koba, yang bercita rasa seafood yang kuat namun tetap memiliki rasa yang lezat. Hanya dengan mencicipi mie ini akan membuat anda teringat dengan perjalanan wisata dari provinsi ini yang tidak terlupakan.

2. Martabak bangka

Siapa yang tidak kenal hidangan yang satu ini? Martabak bangka merupakan salah satu makanan yang paling populer. Martabak bangka memiliki cita rasa khas manis yang sering di sebut dengan terang bulan. Makanan ini juga menjadi santapan yang wajib di coba saat berkunjung ke Babel. Banyak lokasi yang menyediakan Martabak Bangka salah satunya adalah yang berlokasi di jalan walikota syafie rachman dimana di sini termasuk tempat yang ramai di kunjungi baik wisatawan maupun warga asing.

3. Kemplang

Siapa yang tidak kenal kemplang? kerupuk yang satu ini terbuat dari adonan terigu dan campuran dengan ikan dan bumbu spesial yang dijadikan kerupuk ikan yang lezat. Dengan di temani sambal terasi bangka, kemplang sangatlah nikmat untuk di cicipi. Kerupuk kemplang ini merupakan cemilan paling gurih dan lezat sehingga tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

4. Mie belitung

Saat Anda sedang berlibur ke belitung kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi mie khas belitung yang berlokasi di pusat kota tanjung pandan. Mie belitung atep ini terkenal sebagai kedai yang menjual mie belitung yang sudah buka dari tahun 1973. Soal rasa, tidak usah di ragukan lagi karena kelazatanya adalah salah satu yang terbaik. Mie Belitung Atep terdiri dari campuran mie, kentang, ketimun, emping, dan udang berpadu dengan kuah kental berbahan udang membuat mie Belitung atep terasa begitu enak dan nikmat.

5. Gangan belitung

Gangan adalah makanan khas yang paling favorite khas belitung, gangan sendiri merupakan sejenis sup pindang ikan laut dimana ikan yang paling lezat di masak gangan adalah ikan keterap.

Dalam penyajiannya, gangan sering pula Ditambahkan potongan buah nanas yang tentunya memberi tambahan sensasi segar dan asam lengkap dengan daun salam sebagai bumbu pelengkap. Dalam penyajiannya, gangan dianjurkan dimasak pedas karena aroma pedas dapat menetralisir bau amis ikan. Jadi jangan lewatkan untuk menikmati kuliner khas belitung ini bila anda sedang berkunjung ke bangka belitung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s