Blog Yusuf Ramli :Pengusaha Di Bidang Perikanan, Ikan Hias

1386135856_header3

Kebanyakan orang ingin memulai usaha dibidang perikanan karena orang berpikir di bidang perikanan banyak yang menyukai ikan dan untungnya pun sangat besar dibidang perikanan, selain itu kita pun tidak perlu lagi membeli ikan, tinggal mengambil didalam waduk atau tempat sendiri,


Memulai Usaha Budidaya Ikan
Memulai bisnis di usaha budidaya perikanan dapat memberikan keuntungan bagi yang menjalankannya. Dengan mempelajari dan memahami cara-cara khusus yanmg harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan, memungkinkan anda untuk memulai budidaya ikan anda dengan cara yang benar .

Tips berupa langkah-langkah untuk memulai usaha budidaya ikan:

1, Buatlah rencana bisnis dan strategi pemasaran serta petakan sumber daya keuangan anda. ini akan memungkinkan anda untuk dapat menentukan tahap awal kebutuhan dan garis besar dari visi yang ingin anda capai.

2.Pilih struktur bisnis, mengurus izin usaha, dan daftarkan usaha budidaya ikan anda pada RW/RT, desa/ keluarahan.

3.Tentukan jenis ikan yang akan anda budidayakan, dan apakah anda ingin lebih dari satu jenis ikan. ini akan menentukan segala hal yang diperlukan dalam pelaksanaan usaha budidaya ikan anda, lebih baik anda memilih ikan yang berbeda tetapi makanan ikannya yang sama, jadi tidak usah membeli repot-repot makanan ikan lagi. dan usahakan jenis ikan yang banyak digemari orang banyak.

4.Membangun media budidaya ikan. Tergantung pada jenis ikan yang anda pilih, anda harus dapat membangun sebuat lingkungan yang bekerja secara optimal bagi kehidupan dan pertumbuhan ikan anda, janganlah membeli ikan yang tidak sesuai dengan lingkungan yang anda punya, pasti ikan tersebut tidak akan beradaptasi dan akan mati.

5.Bangunlah satu sistem budidaya ikan
Pastikan terdapat sistem yang berfungsi untuk menjaga kualitas air tetap bersih, sistem ikan selalu diberi makan, dan pemompaan air masuk dan keluar dari sistem budidaya

6.Dapatkan pasar yang ingin menerima hasil budidaya perikanan anda. Anda mungkin perlu mendapatkan pelanggan berupa toko/lapak kecil yang membutuhkan ikan segar dan bisapun konsumen yang ingin membeli langsung ikan segar anda.

Hal-hal yang diperhatikan dalam budidaya ikan

Budidaya ikan menjadi salah satu ladang bisnis bagi beberapa orang pada saat ini, bukan sekedar untuk menguntungkan, tetapi sekarang budidaya ikan menjadi hobi seseorang sekarang yang mampu menghasilkan banyak rupiah.
Bisnis ini berbeda dengan bisnis yang lain, walaupun bisnis ini menguntungkan, tapi bisnis ini memerlukan sangat banyak lahan untuk membuat kolam ikan tersebut.

Selain peluang usaha diperikanan ada juga peluang usaha ikan hias
Peluang usaha ikan hias adalah peluang usaha rumahan yang dapat memberikan keuntungan yang cukup potensial bagi yang menjalankannya karena pangsa pasarnya yang sangat luas. pengembangan usaha ini tidak cukup mudah dan siapapun bisa melakukannya

Modal usaha dari modal ikan hias adalah ketekunan disertai kerja keras dan semangat pantang menyerah. Memang tidak sedikit orang yang mengembangkan usaha ikan hias, namun tidak banyak juga pengusaha ikan hias yang gagal dalam membangun usaha ini.Jenis ikan hias ada dua macam yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut.

Menentukan Lokasi
Menentukan lokasi yang strategis sangat mempengaruhi modal yang perlu disiapkan. jika usaha anda didekat tempat keramain sehingga bisa mengurangi modal yang besar.

Peralatan ikan hias
peralatan yang diperlukan dalam berbisnis ikan hias ini contohnya seperti akuarium, aksesoris, jaring penangkap ikan, pompa, filter, dan lain-lainnya. selain itu yang tidak kalah penting adalah menyediakan pakan ikan, vitami, dan obat anti jamur.

Jenis-jenis ikan hias yaitu:
Jenis ikan ini harus ditentukan terlebih dahulu dan harus sesuai dengan target pemasaran kita. jika kita ingin menentukan target untuk kalangan menengah keatas, kita bisa menjual ikan louhan, ikan arwana, ikan discus, dan lain-lain, jika kita menetapkan target pemasaran kita untuk kalangan menengah kebawah kita bisa menjual ikan jenisnya seperti cupang, ikan koi, dan ikan koki

Contoh ikan hias yang harganya begitu fantastic seperti dibawah ini:

cupang4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s