Hindari Kesalahan Ini Agar Pancake Yang Dibuat Tidak Kering & Bantat

american-pancakes

Siapa yang tidak mengenal pancake? kudapan lezat dan manis ini sangatlah digemari khususnya bagi mereka warga Amerika yang selalu menjadikan kudapan ini sebagai menu pilihan untuk Breakfast.

Kepopuleran Pancake di Indonesia sudah berkembang pesat, selain dengan banyaknya pancake instan gandum mas kencana, kelezatan pancake juga sangatlah bervariasi dan mudah membaur dengan lidah masyarakat tanah air.

Namun, meskipun begitu kelezatan pancake tidak di dukung dengan cara pembuatannya. Dalam membuat pancake, banyak orang yang selalu gagal dan kesulitan terlebih jika hasil dari pancake tersebut menjadi kering dan bantat.

Untuk menciptakan pancake yang lezat tanpa kering dan bantat sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu memperhatikan teknik dan menghindari kesalahan agar hasil pancake bisa memuaskan. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Mencampur tepung serbaguna dan tepung kue

Dalam membuat pancake, penggunaan tepung harus sangat diperhatikan agar hasil adonan bisa maksimal. Tidak hanya tepung premix, Anda bisa membuat pancake dari tepung serbaguna yang dicampur dengan tepung kue sehingga adonannya bisa lebih kental.

Jika hasil adonan dari tepung sudah mengembang, maka pastikan semua bahan untuk membuat pancake di timbang terlebih dahulu sesuai dengan resep yang akan di gunakan.

2. Mengocok adonan terlalu lembut

Saat akan mengocok adonan, pastinya Anda ingin hasilnya menjadi lembut agar bisa menghasilkan pancake yang baik dan lezat. Maka dari itu, Anda bisa mengocok adonan hingga semua bahan tercampur dengan bahan basah.

Namun, jika ada gumpalan pada adonan yang sedang di kocok, maka berhentilah. Hal tersebut dikarenakan, gumpalan tersebut bisa menyebabkan pancake semakin mengembang dengan buruk.

3. Jangan menyimpan adonan

Ada kalanya kita selalu menyimpan adonan yang tidak terpakai untuk dipakai keesokan harinya, namun hal tersebut sangatlah tidak di benarkan. Ada baiknya, Anda membuat beberapa adonan pancake saat sebelum dimasak, jika tepung akan menyerap terlalu banyak cairan dan adonan pun terlalu kental, hasilnya hanya akan membuat pancake menjadi bantat.

4. Minyak yang tidak melapisi wajan

Pancake yang kering bisa disebabkan oleh tidak meratanya minyak yang dipakai pada wajan. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi pastikan Anda menghindari menggunakan minyak secara sedikit dan ada baiknya tuangkan minyak ke seluruh permukaan wajan.

Tuangkan sedikit demi sedikit minyak pada wajan dan ratakan dengan paper towel sehingga rata dan hasilnya akan membuat pancake menjadi lembut dan tidak kering.

5. Adonan terlalu banyak di balik

Sama hal nya saat menggoreng ayam dalam minyak yang banyak, pastikan saat membuat pancake Anda pun tidak membolak balikan adonan karena hal tersebut hanya akan membuatnya kering dan matang tidak merata. Untuk matang yang sempurna, pastikan Anda membolak balikan pancake jika satu sisi sudah matang dan jangan terlalu sering.

Demikianlah informasi terkait dengan pancake agar tidak kering dan bantat. Untuk hasil pancake yang maksimal, pastikan Anda memperhatikan ke-5 tips diatas dan gunakan resep mudah agar tidak kesulitan saat membuat pancake.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s