Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Anda Berhenti Bekerja

Quit job key

Ketika rasa bosan sudah menghinggapi atau ada kesempatan untuk bekerja di tempat lain, maka seorang karyawan pun akan resign atau mengundurkan diri dari pekerjaannya yang sekarang.

Jika di telusuri lebih jauh, mengundurkan diri dari pekerjaan adalah solusi yang bijak, asalkan kita sudah memiliki target dan tempat bekerja yang baru dengan fasilitas serta hal pendukung lainnya yang lebih menunjang kehidupan Anda.

Namun bagi Anda yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan karena berlandaskan keegoisan, maka alangkah baiknya pikirkan dahulu sebelum kata tersebut terucap agar tidak menjadi bumerang bagi Anda.

Maka dari itu, mari ketahui beberapa hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum berhenti bekerja.

1. Solusi masalah

Bila keputusan berhenti Anda adalah karena adanya masalah, terlebih jika masalah tersebut menyangkut pribadi dengan rekan di tempat kerja, cobalah selesaikan masalah tersebut dengan pihak ketiga yang obyektif dan netral, seperti pemimpin, bagian HRD atau pimpinan divisi Anda.

Bila masalah sudah berkembang lebih lanjut, tak ada salahnya untuk meminta bantuan penyelesaian dari pihak lainnya agar masalah tersebut bisa diatasi dan Anda pun tidak harus mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut.

2. Track Record Anda

Trac Record adalah rekam jejak jika dalam pekerjaan dapat diartikan sebagai pengalaman kerja yang pernah Anda miliki. Sebelum mengundurkan diri, pastikan Anda memiliki Trac Record yang baik dan memenuhi syarat untuk melamar di pekerjaan lain.

Beberapa Track Record yang baik diantaranya adalah tidak terlalu sering berpindah-pindah tempat kerja dan adanya reputasi baik agar resume Anda memiliki “nilai tambah” dan Anda pun siap kembali mengalami proses melamar pekerjaan.

3. Negosiasi gaji

Faktanya seseorang yang mencari lowongan pekerjaan jac recruitment dengan status masih bekerja diperusahaan lain akan lebih dihargai dibanding mereka yang berstatus pengangguran. Karena hal tersebut dapat berdampak pada gaji yang akan Anda terima.

Perusahaan tak akan menawarkan gaji yang lebih kecil dari tempat kerja sebelumnya pada kandidat atau calon karyawannya yang masih berstatus pekerja. Maka, Anda bisa memenangkan negosiasi ini selama belum melepaskan pekerjaan yang sekarang dimiliki.

4. Waktu yang tepat

Apakah ketiga poin diatas tidak membuat Anda urung berhenti dari pekerjaan yang sekarang? Maka kini saatnya rencanakan kapan pengunduran diri tersebut akan dilaksanakan.

Jangan memilih masa-masa hari raya karena kebutuhan akan materi tinggi pada saat itu dan perusahaan Anda memberikan tunjangan yang pantas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Pilih waktu yang tepat saat akan mengundurkan diri, beritahu atasan minimal sebulan sebelum tanggal berhenti, dan buat surat resign dengan format yang telah ditentukan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Pastikan saat mengundurkan diri, Anda sudah memiliki tujuan yang jelas dan tekad yang bulat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s