7 Kesalahan Yang Harus Hindari Dalam Mendidik Anak

Apakah bunda sudah benar dalam mendidik anak? Bunda harus paham ada banyak hal yang bunda harus lakukan untuk mendidik seorang anak agar memperoleh karakter dan sikap yang baik, tentunya bunda ingin anak bunda memiliki rasa percaya diri dan tidak pemalu. Dan bisa menjadi seseorang yang berguna di masa depan, untuk membuat itu terjadi ada beberapa hal yang harus bunda hindari dalam mendidik anak. Dan tentunya dampingi anak dengan shampo wangi khusus anak dari Dee-Dee. Dan berikut ini ada tujuh hal yang harus bunda hindari dalam mendidik anak untuk membuat karakter anak yang berkualitas dengan rasa percaya diri dan pengetahuan yang dimilliki.

1. Memaksa Anak Untuk Menghentikan Aktivitasnya
Diusia anak-anak mereka selalu ingin melakukan apa yang menarik untuk mereka, dan terkadang hal yang menarik itu memompa rasa ingin tahu mereka walaupun tidak semua kegiatan itu benar dimata bunda. Dan terkadang anak-anak akan fokus pada satu kegiatan tanpa memerhatikan kegiatan yang lain, dan itu sering membuat bunda meras kesal sehingga bunda memaksa mereka berhenti dengan aktivitasnya. Ini adalah hal yang salah seharusnya bunda bisa mengatur mereka dengan baik, dengan membuatkan jadwal yang yah harus mereka lakukan setiap harinya. Itu akan membuat mereka memahami setiap kegiatan yang sudah terjadwal, contohnya jadwal mandi, makan, bermain, menonton televis dan belajar. Ini akan membuat mereka merasa disiplin dan lebih percaya diri dalam melakukan kegiatan.

2. Menyuapi anak
Disaat usia yang beranjak sekolah masih banyak orangtua yang menyuapi anaknya makan, umumnya agar mereka mau makan. Padahal hal ini sangat salah jika ia tidak di biasakan untuk makan sendiri maka tidak akan bisa mandiri. Anak-anak sering melupakan makan karena sedang asyik dengan kegiatannya, ini bunda sangat berperang untuk memberitahukan kepada mereka bahwa sangat pentingnya makan. Dan menjelaskan bahwa jika mereka tidak makan mereka akan sakit.

3. Tidak menanggapi ajakan berkomunikasi
Hal ini sering terjadi saat bunda sedang asyik melakukan kegiatan yang bunda lakukan. ini adalah hal yang salah karena mereka akan menjadi acuh dengan keadaan sekelilingnya. Ini adalah sesuatu yang membuat rasa keingintahuan mereka menjadi mati, seharusnya orang tua menjawab apapun yang ditanyakan oleh anak dan membantu mereka dalam berkomunikasi. Ini akan membuat mereka percaya diri dan yakin apa yang mereka lakukan itu benar, jika mereka melakukan kesalahan tentunya mereka tahu karena sudah diperbaiki oleh orangtuanya.

4. Melarang tanpa menjelaskan
Dalam soal keselamatan dan kesehatan memang tak boleh toleransi, dan terkadang hal ini yang membuat bunda sering melarang apa yang dilakukan anak tanpa menjelaskan alesan mengapa mereka tidak boleh melakukan hal itu. Misalnya disaat mereka ingin belajar masak dan menggunakan pisau sendiri, bunda harus menjelaskan bahwa mereka tidak boleh menggunakan pisau itu sendiri karena itu akan berbahaya dan jika terkena pisau maka mereka akan berdarah dan sakit.

5. Menunggui anak sekolah
Hal ini sering terjadi saat anak-anak sudah memasuki bangku sekolah bunda sering menunggui anaknya di sekolahan. Ini akan menjadikan sikap anak yang tidak percaya diri dan pemalu tentunya akan membuat mereka tidak akan pernah belajar mandiri. Berhentilah mernunggui anak disekolah jika tidak bisa dilakukan secara langsung bisa dilakukan secara bertahap misalnya menunggui hanya lima belas menit setelah itu meninggalkannya hingga tiba waktu untuk menjemput.

6. Memberi banyak mainan tapi tak pernah menemani bermain
Boleh saja memberikan banyak mainan kepada anak, tetapi apalah artinya itu semua bila orang tua tak pernah menemani anak bermain. Sebenarnya, apa pun jenis mainan yang diberikan kepada anak, tak jadi soal. Termasuk robot-robotan dan senjata yang kerap digolongkan bukan mainan edukatif. Justru lebih baik anak memainkan kedua mainan tersebut tetapi didampingi orang tua ketimbang memainkan mainan edukatif tetapi si anak dibiarkan bermain sendirian. Karena itu akan membuat anak mengsalah artikan, permainan yang mereka lakukan.

7. Anak tidak dibiasan memilih
Ini adalah hal yang sering dilakukan oleh orangtua yaitu membuat mereka tak bisa memilih apa yang menjadi keinginan mereka dan memaksakan apa yabg menjadi keinginan orangtuanya. Hal ini sangat berdampak buruk bagi perkembangan karakternya, anak yang tidak dibiasakan memilih maka mereka tidak akan punya sikap dalam mengambil sebuah tindakan. Dan ini akan menghancur rasa percaya diri mereka karena mereka akan merasa apa yang pilih itu selalu salah dan membiarkan orang lain mengatur semuanya mereka hanya akan mengikuti saja.

Bunda itulah beberapa hal yang harus bunda hindari dalam mendidik anak, dengan menghindari beberapa hal ini akan membantu bunda dalam membimbing sikap mereka . Sehingga membantu rasa percaya diri dan menjadikan mereka menjadi anak yang mempunyai sikap berani dalm bertindak. Ini akan disesuaikan dengan kondisi yang mereka alami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s