Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Makan

20140209_171751_anak-susah-makan

Pertumbuhan pada anak haruslah diperhatikan dengan baik, maka dari itu untuk membuat anak semakin sehat dan tumbuh dengan baik, orang tua sebagai orang yang terdekat dengan anak sebisa mungkin memberikan yang terbaik untuk gizinya.

Namun, dengan banyaknya permasalah pada anak mereka pun terkadang sulit untuk makan dimana permasalahan ini pastinya sering terjadi dan membuat sebagaian orang tua sangatlah risau.

Untuk membuat anak kembali berselera pada makanan nya, hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah mengetahui penyebab dari sulitnya si anak untuk makan tersebut.

Ada beberapa penyebab anak susah untuk makan, apa saja? berikut informasinya yang harus orang tua ketahui.

1. Kehilangan selera makan

Salah satu penyebab hialngnya selera makan pada anak adalah beberapa faktor yang berkaitan dengan dirinya saat masih kecil atau bayi. Banyak anak yang bermasalah dengan makanan nya saat bayi, dimana pada saat itu mereka lebih suka mengemut makanan dan menyemburkannya.

Namu, kondisi ini bersifat relatif karena tidak semua bayi mengalaminya. Untuk meningkatkan selera makan kamu bisa menjadikan makanan semakin menarik baik dari bentuk maupun variasi nya.

2. Sedang sakit

Penyebab anak sulit makan yang lainnya adalah dikarenakan kondisi kesehatan si anak sedang bermasalah. Banyak penyakit yang bisa tumbuh di diri sang anak, mulai dari pilek hingga batuk.

Ciri-ciri Anak yang sedang sakit dapat orang tua lihat dari kondisi badan nya yang lemas, suhu badannya meningkat, susah mandi dengan menggunakan shampo khusus anak dee children dan lain sebagainya.

3. Rasa ingin tahu yang besar

Anak pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, begitu juga dengan yang berkaitan dengan makanan. Pada perkembangan si anak, rasa ingin tahunya sangatlah besar pada dunia luar sehingga acara makan nya pun dapat terganggu.

Jika anak Anda merasa bosan dengan cara makannya atau dengan menu makanan nya, maka Anda harus membiarkannya untuk makan sendiri dengan menu makanan yang ia sukai namun tetap sehat.

4. Sedang tumbuh gigi

Penyebab anak susah makan lainnya adalah ketika ia mulai bertambah usianya dan mulai menunjukan pertumbuhan pada giginya. Biasanya anak yang tumbuh gigi akan lebih senstif dan mempengaruhi minat makannya.

Jika Anak Anda sedang dalam kondisi ini, berikan ia makanan yang lebih halus dan sehat yang memudahkannya untuk mengunyah.

5. Terlalu banyak mengonsumsi cemilan

Anak-anak biasanya menyukai cemilan mulai dari kue, coklat hingga snack, yang tentu saja merusak acara makannya sehingga ia tidak berselera karena sudah merasa kenyang. Untuk itu, orang tua harus siaga jika anak berada dalam kondisi ini dimana salah satu caranya yaitu dengan memberikan ia cemilan sehat yang dibuat sendiri dan memberikan ia banyak sayuran serta buah.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan anak susah untuk makan. Sebagai orang tua pastikan Anda memberikan si kecil yang terbaik dengan makanan yang sehat namun tetap ia sukai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s