5 Langkah Untuk Memperoleh Karir Sesuai Minat

love-my-job

Berkarir dengan memiliki sebuah pekerjaan yang cemerlang pastinya di inginkan oleh semua orang. Banyak cara yang dilakukan mulai dari mencari lowongan pekerjaan terupdate jac recruitment, hingga bolak balik interview di beberapa perusahaan.

Banyak masalah yang sering kali menghampiri orang yang ingin berkarir, salah satunya adalah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda.

Anda pastinya sering kali termenung terkait bagaimana mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang serta minat Anda. Jika iya, kini banyak cara untuk menemukan sebuah pekerjaan berdasarkan minat Anda tersebut. Bagaimana caranya? simak informasinya berikut ini.

1. Ketahui minat Anda

Apa kegiatan yang sering kalian lakukan saat waktu luang? pastinya banyak sekali bukan. Tulislah hobi dan kegiatan yang sering Anda lakukan tersebut pada selembar kertas dan pilihlah mana yang sekiranya dapat Anda pilih untuk menghasilkan pendapatan.

Dari semua hal yang Anda sukai tersebut, pilihlah beberapa kegiatan dan akan semakin baik lagi Anda dapat melakukan hal yang disukai setiap hari sebagai pekerjaan Anda.

2. Tes minat dan bakat

Ada cara mudah untuk mengetahui minat Anda, yaitu dengan melakukan tes. Lakukan tes minat dan bakat yang biasanya diberikan secara gratis di dunia maya atau Internet.

Meski hasil yang diberikan hanya dijelaskan secara umum, manfaatkanlah tes tersebut sebagai informasi tentang keterampilan, minat, dan bakat, serta jenis pekerjaan apa saja yang cocok untuk Anda nanti kedepannya.

3. Memilih jenis pekerjaan

Saat Anda sudah tertarik dengan satu minat, mulailah memilih beberapa pekerjaan yang menarik dengan disesuaikan berdasarkan minat Anda. Untuk mengetahui jenis pekerjaan tersebut, Anda bisa juga menanyakannya kepada teman dekat atgau keluarga bahkan dengan orang yang pekerjaannya sama dengan yang Anda pilih.

4. Manfaatkan jaringan

Jaringan atau Networking dalam sebuah pekerjaan sangatlah baik dan harus Anda gunakan. Hubungi orang-orang yang yang dapat memberi informasi atau kesempatan pada pekerjaan yang Anda inginkan, mulai dari teman, sodara hingga mantan rekan kerja.

Melalui mereka, perluas pengetahuan Anda tentang ragam karir dan kesempatan serta temukanlah kegemaran baru yang mungkin nantinya dapat Anda gunakan sebagai patokan untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang cemerlang.

5. Selalu Optimis

Sudah melakukan semua cara dan belum juga menemukan pekerjaan yang tepat? Tetaplah positif dan optimis karena hanya dengan kedua sikap itulah yang Anda butuhkan.

Isi hari-hari Anda dengan tetap melakukan langkah-langkah yang mendekatkan Anda pada karir impian, misalnya membuka situs kerja dan mengirim lamaran. Dan yang terpenting, cobalah berada di antara orang-orang yang dapat memacu semangat berkarir Anda.

Itulah beberapa tips untuk memperoleh karir yang sesuai dengan minat Anda. Apa salah satu minat yang Anda miliki? apakah Anda sudah menjadikan minat tersebut sebagai sebuah lahan untuk berkarir nantinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s