4 Cara Mudah Mengatasi Anak Yang Susah Tidur

iStock_000009448244Small

Tidur bukan hanya di butuhkan oleh mereka yang sudah dewasa saja, namun juga di butuhkan oleh anak. Selain memperhatikan kondisi kesehatannya, sebagai orang tua juga harus memperhatikan pola tidur Anak apakah sudah baik atau belum.

Sama halnya seperti orang dewasa, anak-anak membutuhkan setidaknya 8 jam untuk beristirahat. Lebih dari itu, mereka pun membutuhkan istirahat di siang hari ketika mereka sudah pulang dari sekolah untuk mengistirahatkan otak mereka setelah beraktivitas di sekolah.

Namun, yang namanya juga anak pasti selalu saja ada masalah dengan tidurnya. Untuk mengatasi masalah susah tidur pada anak, orang tua harus sedikit bersabar dan telaten memberikan perhatian agar si kecil bisa beristirahat sesuai jadwalnya.

Untuk mengatasi anak yang susah tidur, berikut beberapa cara yang mungkin dapat Bunda praktekan di rumah.

1. Memperbaiki pola tidurnya

Kebiasaan dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mengapa si anak menjadi sulit untuk tidur di malam hari. Membiarkan si kecil terjaga sepanjang malam dapat membuat pola tidurnya kacau dan merusak kesehatannya.

Maka dari itu, pastikan Anda mengatur pola tidurnya setidaknya pukul 9 malam, dia harus sudah ada di atas tempat tidur dan terlelap hingga pagi.

Selain itu, pola tidur si kecil juga harus diberikan waktu saat siang hari. Anda sebagai orang tua harus memberikan waktu tidur siang untuk sang buah hati dan jangan membiarkannya tidur disore hari.

2. Perut si kecil yang kosong

Rasa lapar dapat menghambat pola tidur seseorang bukan hanya orang tua tetapi juga si kecil. Ketika perut kosong, pasti setiap anak akan merasa gelisah dan menjadikannya susah untuk beristirahat dengan nyenyak.

Maka dari itu, orang tua harus bisa memberikan asupan terbaik untuk si kecil dan alangkah lebih baik lagi jika membarengi asupan makanan dengan susu yang dimininum sebelum tidur agar merangsangnya untuk cepat beristrirahat.

3. Lingkungan Tidur yang Nyaman

Kenyamanan pada lingkungannya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar si kecil bisa beristirahat dengan nyenyak. Tidak sedikit anak yang sering mengeluh karena kondisi lingkungan dan kamarnya yang tidak nyaman untuk di tiduri.

Sebisa mungkin Anda sebagai orang tua harus memperhatikan kondisi kamar dan lingkungannya. Gunakanlah interior kamar sesuai dengan apa yang disukai oleh si anak mulai dari warna, peralatan hingga kasur dan spring bed nya.

4. Membuat Ritual sebelum tidur

Layaknya mandi yang kurang lengkap jika tidak menggunakan shampo khusus anak dee-dee children, tidur anak juga akan kurang lengkap jika tidak di barengi dengan sebuah sentuhan sayang dari orang tua dan bacaan atau dongeng sebelum tidur.

Buatlah sebuah ritual yang melibatkan anak sebelum tidur dimana ia bisa bahagia dan menyambut moment tidur dengan riang dan terkontrol waktunya. Beberapa ritual yang bisa Anda lakukan bersama si kecil adalah bercakap-cakap sebelum tidur, dan menyanyikannya lagu tidur.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang susah untuk tidur. Pastikan setiap harinya si kecil memiliki jam tidur maksimal baik siang maupun malam harinya agar saraf motoriknya bisa berfungsi secara maksimal dan perkembangan otaknya meningkat. Selamat mencoba, Bunda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s