Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Terkait Dengan Pisang Kepok

pisang-kepok

Siapa yang tidak suka dengan buah pisang? ya buah yang umumnya berwarna kuning ini menjadi salah satu varian buah yang digemari karena memiliki tekstur buah yang lembut, manis dan bisa di kreasikan menjadi beragam masakan.

Diantara beragam jenis buah pisang, pisang kepok adalah salah satu yang umum dan digemari karena jenis pisang yang ini bisa di nikmati sebagai cemilan di kala santai.

Disamping rasanya yang nikmat, pisang yang sering ada dalam katalog belanja Hero Supermarket ini ternyata bukan sekedar buah pisang biasa, hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki manfaat, vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang badan.

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja hal penting dan unik mengenai pisang kepok? mari kita simak apa saja hal yang harus diketahui dari si kuning lembut ini

Kandungan

Sama seperti buah pada umumnya, pisang kepok juga memiliki kandungan di dalamnya yang menjadikan buah ini bukan sekedar pisang biasa. Dalam satu buah pisang kepok, mengandung nutrisi sebesar 11 mg kalsium, 35 mg forsfor, 1 mg zat besi, potasium, vitamin A dan vitamin C.

Jenisnya

Ketika Anda berniat membeli pisang kepok, hal penting yang harus Anda ketahui adalah bahwa pisang ini memiliki dua jenis, yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning.

Untuk pisang kepok putih biasanya ditandai dengan ukurannya yang lebih kecil dari pisang pada umumnya, memiliki kulit yang tipis, isinya lebih empuk tetapi memiliki rasa yang begitu lezat.

Sedangkan pisang kepok berwarna kuning memiliki ukuran yang lebih besar, kulitnya yang tebal, isinya lebih pada serta rasa yang jauh lebih lezat dari pisang kepok putih. Untuk penyajian, pisang kepok kuning umumnya dibuat dengan cara digoreng atau dijadikan keripik pisang.

Tips memilihnya

Ketika Anda berniat membeli pisang kepok di swalayan, pastikan bahwa Anda memilih pisang kepok yang memiliki daging padat di dalamnya. Disamping itu, pilihlah juga pisang yang ukurannya lebih besar dan jika di angkat dengan tangan terasa lebih berat.

Agar pisang kepok tidak mengalami kematangan secara cepat, ada baiknya Anda menyimpannya dengan cermat yaitu dengan cara membungkusnya menggunakan plastik kemudian simpan di dalam kemari es.

Membedakan pisang kepok

Dalam dunia jual membeli, pasti ada saja pedagang yang nakal, yang menjual pisang kepok yang sudah tidak berkualitas. Untuk membedakan mana pisang kepok yang baik dan tidak, pastikan Anda melihat terlebih dahulu warnanya. Jika pisang kepok yang disemprot, umumnya memiliki warna kuning yang lebih merata dalam satu sisirnya sedangkan yang matang di pohon memiliki warna kuning yang tidak merata dalam satu sisirnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan pisang kepok. Dengan kandungannya yang tinggi, pisang kepok memiliki daya tarik tersendiri untuk di konsumsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s