Resep Mudah Membuat Red Velvet Cupcake Sendiri Di Rumah

eggless_cupcake_recipe_red_velvet1

Red Velvet, siapa yang tidak mengenal cake berwarna merah yang satu ini. Jika dibandingkan dengan cake lainnya, Red Velvet termasuk salah satu cake yang belakangan sedang diminati karena rasanya yang memang berbeda dengan cake kebanyakan.

Sebagai salah satu kreasi dalam dunia pastrie, kini beberapa orang pun sudah mengembangkan Red Velvet menjadi cake yang unik seperti mengaplikasikannya dalam bentuk cupcake atau kue manggkok.

Red Velvet Cupcake sudah menjelma menjadi satu jenis cupcake yang bukan saja unik namun juga memiliki rasa yang lezat. Dengan rasanya tersebut, tidak heran hampir semua toko cupcake jakarta di clairmont memiliki varian cupcake jenis ini.

Selain bisa dengan mudah di temukan di beberapa toko cupcake, red velvet cupcake juga dapat dibuat di rumah oleh Anda sendiri agar terasa lebih spesial dan istimewa.

Anda ingin mencoba menyajikan red velvet cupcake sendiri di rumah? berikut resep mudahnya yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan yang harus di siapkan, diantaranya :

Tepung Terigu 140 gram
Chocoa powder 1 sendok makan
Baking Soda 1 sendok teh
Mentega 57 gram
Gula Halus 100 gram
Telur Ayam 1 butir
Vanili 1 sendok teh
Susu Cair 110 ml
Pewarna Merah 5 sendok teh
Cuka Apel 1 sendok teh
Tepung Terigu 3 sendok makan
Susu Cair 250 ml
Mentega Tawar 200 gram
Vanili 1 sendok teh
Gula Halus 100 gram
Garam secukupnya

Jika Anda sudah menyiapkan bahan-bahan tersebut, berikut beberapa tahapan dan cara membuat Red Velvet Cupcake.

1. Campur bahan-bahan kering yang sudah di siapkan yaitu, tepung terigu, cocoa powder dan baking soda dalam satu wadah. Aduk rata!

2. Dalam wadah terpisah, campurkan beberapa bahan seperti susu serta cuka apel. Aduk rata dan sisihkan.

3. Pada wadah terpisah, kocok mentega, gula halus dan vanili sampai halus dan mengembang. Jika Anda memiliki Mixer, bisa digunakan ketimbang pengocok Telur manual. Kemudian tambahkan telur kedalam ke kocokan mentega dan aduk hingga rata.

4. Masukkan campuran bahan kering bergantian dengan campuran susu cair dan cuka apel kedalam adonan mentega, aduk rata dan kemudian panaskan panggangan atau oven.

5. Masukkan adonan kue kedalam loyang cupcake yang telah diberi alas kertas cupcake. Isi sampai 3/4 bagian saja, karena adonan akan mengembang.

5. Olah cupcake selama 20 – 25 menit. Setelah 20 menit, cek cupcake dengan cara menusukkan lidi atau toot pick, jika setelah ditarik tidak ada adonan yg menempel pada lidi atau toot pick, maka cupcake telah matang. Sisihkan dan dinginkan.

6. Untuk frostingnya, masak susu cair yang telah dicampurkan dengan 3 sendok makan tepung terigu hingga mengental. Aduk terus supaya tidak gosong bagian bawahnya. Sisihkan dan dinginkan dalam suhu ruangan.

7. Kocok mentega tawar, gula halus dan garam hinga lembut dan mengembang. Tambahkan susu yang telah dikentalkan. Aduk lagi hingga rata, lembut dan mengembang. Frosting siap digunakan.

8. Step terakhir yaitu hias cupcake dengan frosting sesuai selera dan cupcake pun siap disantap serta disajikan. Mudah bukan? selamat mencoba resepnya ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s