Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak Anda

Cara-Mengatasi-Anak-Susah-Makan

Sebagai orang tua, pastinya anak menjadi prioritas utama terkait dengan kebahgiaan. Banyak orang tua yang memanjakan anak mulai dari memberikan mereka mainan, membelikan shampoo khusus anak dari dee-dee, dan tentu saja menjaga pola makannya.

Namun seiring dengan bertambahnya usia, pola makan Anak selalu berubah dan setiap saat pasti mereka mengalami kejadian mogok makan yang dimana kondisi ini membuat was-was sebagian orang tua.

Asupan makanan pada anak sangatlah penting, karena pada masa ini mereka mulai berkembang dan tumbuh. Namun ketika mereka sudah mengalami susah makan, maka orang tua harus bersiap-siap melakukan cara agar mengembalikan selera mereka kembali.

Banyak cara yang bisa orang tua lakukan agar si kecil mau makan dengan lahap, bagaimana caranya? simak tipsnya berikut ini.

1. Sajikan makanan dalam porsi kecil

Sebelum menyiasati agar si kecil mau makan, perlu Bunda perhatikan bahwa Lambung anak memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada lambung orang dewasa. Sehingga dengan kondisi ini, orang tua harus bisa mengolah makanan dengan baik.

Selain pengolahan, porsi dari makanan itu sendiri tidak boleh berlebihan. Agar menambah selera makan anak, cobalah sajikan makanan tersebut dalam porsi kecil, agar ia mau makan sedikit demi sedikit.

2. Variasi Makanan

Terkadang anak memiliki selera makan yang cenderung menyukai satu makanan saja, dan jika orang tua memberikan ia makanan yang lain, pastinya mereka akan menolaknya karena tidak sesuai dengan lidah mereka.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sejak dini pastikan orang tua memberikan mereka variasi makanan dengan patokan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, orang tua juga bisa membuat beberapa menu makanan yang cukup banyak dan biarkan mereka memilihnya sendiri.

3. Sajikan dengan Menarik

Setelah menyajikan makanan dengan pilihan ragam yang menggugah selera, sekarang waktunya untuk orang tua menjadikan makanan tersebut sedikit lebih menarik agar menggugah selera mereka.

Bukan saja dari segi rasa, tingkat kemenarikan makanan juga bisa dicetak dari penampilannya. Contohnya seperti mencetak nasi goreng dalam cetakan karakter kartun yang mereka sukai.

4. Beri cemilan sehat

Cemilan dapat dijadikan sebagai salah satu hal yang membangkitkan semangat makan mereka. Dimana cemilan, bisa orang tua berikan kepada anak sebagai reward saat mereka bisa menghabiskan makanan dengan lahap.

Namun pastikan saat Bunda memberikan ia cemilan, cemilan tersebut haruslah sehat. Contohnya adalah Bola-bola kentang isi daging, sus isi coklat atau donat dan beragam kue-kue lainnya.

5. Sajian sayur

Sayuran memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Namun umumnya anak tidak menyukai jenis makanan ini karena dirasa tidak lezat dan memiliki rasa yang standar.

Sebagai orang tua, Anda di tuntut untuk menambahkan sayuran kedalam menu makanan mereka. Agar si kecil mau mengonsumsi sayuran, berikanlah mereka penjelasan tentang kandungan dari sayuran itu sendiri dan buat sayuran tersebut menjadi sesuatu yang lebih menarik agar menggugah selera makana mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s