Kenali 4 Jenis Aset Investasi Yang Utama Bagi Para Investor

properti-3

Investasi menjadi salah satu kata yang kian populer belakangan ini. Bukan saja karena jenis medianya yang semakin berkembang dan banyak, namun Investasi kian populer karena tingkat keuntungannya yang dapat menjadi sebuah jaminan di masa depan.

Meskipun sudah diketahui dan sangat umum, namun apa sebenarnya hakikat dari Investasi itu sendiri? Investasi sebenarnya adalah meluangkan waktu, uang atau tenaga dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa datang.

Jadi dengan kata lain, Investasi adalah tindakan membeli sesuatu yang diharapkan bisa dijual kembali di masa yang akan datang dengan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Saat ini, produk Investasi yang diperdagangkan di Indonbesia sangat beragam, mulai dari deposito, obligasi, reksadana terbaik dari sucorinvest, emas hingga properti. Sebenarnya, jenis aset investasi hanya dibagi menjadi empat, apa saja? berikut informasinya

1. Tunai

Jika berbicara tentang jenis investasi apa yang diminati oleh banyak investor, maka jawabannya dalah investasi dalam media Tunai. Aset investasi dalam bentuk tunai umumnya ditawarkan dalam bentuk tabungan, deposito, atau reksadana pasar uang.

Pada dasarnya potensi keuntungan yang bisa di dapatkan banyak investor tidak lebih dari 6 persen pertahunnya. Tetapi disamping itu, resiko yang ditimbulkannya sangat minim sehingga investasi tunai tersebut menjadi primadona di kalangan investor.

2. Saham

Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Saham umumnya dibagi menjadi dua yaitu saham perusahaan terbuka dan saham perusahaan tertutup.

Saham bisa ditemui pilihannya dalam bentuk reksadana campuran, reksadana saham, dan juga saham biasa. Risiko investasi ini tergolong cukup tinggi, namun potensi keuntungan yang diberikan sama halnya dengan resikonya yaitu cukup tinggi.

3. Aset Fisik

Disamping aset tunai dan aset saham, aset fisik dalam investasi juga termasuk jenis investasi favorit yang biasanya dikelola banyak orang. Selain mudah, set fisik juga memiliki ekuntungan yang tinggi dengan variasi yang cukup beragam tergantung dengan bentuk investasi yang kita pilih.

Salah satu keunggulan utama dari aset fisik adalah para investor memegang langsung produk investasinya dan bisa mengawasi langsung siklus untung yang dimilikinya. Beberapa contoh investasi aset fisik yang banyak dikelola adalah emas, batu permata hingga properti.

4. Pendapatan tetap

Aset finansial memiliki fitur memberikan pendapatan tetap bagi investornya, bisa bulanan atau tahunan. Umumnya ditawarkan dalam bentuk obligasi atau surat utang, dan reksadana pendapatan tetap.

Kemungkinan nilai investasi Anda akan berkembang di atas 10 persen per tahun sangatlah minim, namun jika terjadi gejolak di pasar pun nilai investasi umumnya tidak berkurang drastis.

Itulah beberapa jenis aset investasi utama yang bisa dipilih oleh Anda sebagai Investor. Kenali jenis investasinya dan kelola dengan baik agar bisa memberikan keuntungan bagi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s