Ronaldo : Pemain Muda Brasil Sebaiknya Bermain di Eropa

Ronaldo de lima

Legenda hidup Brasil, Ronaldo merasa bahwa keputusan yang ia ambil pada usia muda untuk meninggalkan Brasil, benar – benar memberikan manfaat yang sangat berarti bagi karir sepakbolanya.

Pada usia 18 tahun, Ronaldo mengambil keputusan untuk meninggalkan Brasil dan memilih untuk berkarir di Eropa bersama PSV Eindhoven. Setelah itu pemain yang telah mendapatkan gelar Ballon d’Or sebanyak 2 kali ini melanjutkan karirnya bersama dengan Inter Milan, Real Madrid, AC Milan, Barcelona.

Menuruntya, berkariri di Eropa pada usia muda membantu dirinya untuk berkembang menjadi seorang pria dan juga pemain sepakbola dunia.

“Itu adalah hal yang baik. Pengalaman hidup di Eropa benar-benar mengubah pemain sepak bola menjadi pria sejati,” jelas Ronaldo.

“Sebagian besar pesepak bola Brasil, yang memiliki kesempatan untuk bermain di Eropa, akan memiliki peluang besar untuk belajar sebanyak mungkin, baik secara kultural, pendidikan dan juga bidang olahraga,” Lanjutnya.

Untuk itu pria yang kini telah berusia 36 tahun tersebut menyaranakan agar Neymar dan para pemain muda Brasil sesegera mungkin untuk pindah dan mencoba untuk bermain di Eropa.

Memang mungkin alasan yang paling sering digunakan adalah karena kesulitan dalam berkomunikasi, tetapi Ronaldo mengatakan bahwa belajar bahasa tidak lah sulit asal kita mau belajar dengan sungguh – sungguh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s