Karena Me-retweet, Waga Korea Selatan Masuk Penjara

88image (1)

Tidak semua tindakan kriminal seperti kekerasan dan pencurian dapat membuat seseorang  menjadi masuk kedalam penjara. Buktinya, salah satu warga kota Suwon, Korea Selata ini di jatuhi hukuman penjara percobaa 10 bulan hanya karena alasan sepele, yaitu karena Twitter. Twitter sendiri adalah sebuah jejaring sosial yang sedang banyak di gunakan oleh banyak pedangan online untuk menggunakan jasa periklanan Twitter.

Pria bernama Park Jeong Geun, 24 tahun ini dilaporkan karena telah me-retweet puluhan pesan Twitter dari akun Twitter Korea Utara pada tahun 2011 lalu.

Pengadilan Distrik Suwon mengatakan dalam putusannya bahwa undang-undang Keamanan Nasional melarang apa yang telah dilakukan oleh Park Jeong Geun dengan akun Twitternya.

Undang-undang tersebut melarang aksi pemujian dan pengagungan terhadap Korea Utara. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Korea Selatan dan Korea Utara secara teknis masih bersitenggang akibat konflik mereka di tahun 1950-1953 lalu.

Menurut pengadilan, akibat tindakan Park yang dapat mengancam keamanan nasional tersebut, ia dapat dikenakan tuduhan ini dengan beralasan bahwa ia hanya berusaha mengecam Korea Utara dan berjanji tidak akan mengulangi tindakannya. Maka dari itu, pengadilan pun menangguhkan hukuman penjaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s