Ingin Tubuh Langsing? Lakukan Diet Sejak Dini

berat badanProgram penurunan badan atau lebih dikenal dengan sebuatan diet tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa tetapi juga bagi anak – anak. Dua penilitian yang dilakukan di Eropa menjukkan bahwa melakukan program diet sejak dini dapat meningkatkan peluang sang anak dapat memiliki tubuh yang langsing pada saat dewasa.

Kekhawatiran muncul karena berat badan yang berlebihan pada masa kecil biasanya akan terbawa hingga dewasa, padahal hal ini akan selalu dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes ataupun gangguan kesehatan lainnya.

Pada penilitian yang pertama, penilit asal Belanda menemukan bahwa anak yang memiliki usia rata rata 3 sampai 5 thun yang obesitas terlihat mendapatkan manfaat dari program diet yang telah dilakukan oleh dirinya sejak kecil secara berkelanjutan, setidaknya 7 bulan setelah program berhenti dilakukan.

Tim peneliti Belanda yang dipimpin oleh Gianni Bocca dari Beatric Children’s Hospital, Groningen mendapatkan kesimpulan tersebut ketika sudah meniliti 75 anak obesitas yang diminta secara acak untuk melakukan program diet dengan cara sehat selama 4 bulan dan terdiri dari 25 sesi dengan konsultan diet.

Setahun setelah studi di lakukan, anak – anak yang menjalani diet yang teratur mengalami perubahan penambahan berat badan rata – rata mencapai 1,9 kg sedangkan yang menjalani diet biasa dapat bertambah hingga 3 kg.

Perbedaan ini dipastikan oleh hasil perhitungan indeks massa tubuh (BMI) para partisipan dimana anak yang menjalani diet intensif berat badannya turun satu unit sedangkan anak yang menjalani diet biasa tak mengalami perubahan BMI sama sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s