Cara Meningkatkan Nafsu Makan Si Anak

Begitu Banyak orangtua yang beranggapan untuk meningkatkan nafsu makan pada Anak diperlukan vitamin khusus atau suplemen makanan untuk penambah nafsu makan. Padahal, tak hanya persoalan fisik, namun juga pendekatan psikologis memiliki andil yang besar.

Apa saja yang harus Anda lakukan sebagai seorang Ibu untuk meningkatkan nafsu makan si anak? Jangan khawatir bagi Anda yang masih bingung masalah pola hidup sehat makanan si anak, kini saya akan memberikan tips alami untuk Meningkatkan Nafsu Makan Si Anak. Yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Sesuaikan antara harapan dan kapasitas si anak. 
    Kadang Orangtua khawatir anak kurus, atau sakit, mengganggu harga diri sebagai ibu yang tidak bisa mengurus anak. Fokuskan pada kebutuhan anak. Untuk menentukan seberapa kapasitas anak perhatikan jumlah makanan yang dapat dihabiskan setiap makan. Ingat pula anak memiliki perasaan yang berubah-ubah dari hari ke hari. Hari ini menolak makan, beberapa hari kemudian akan memilihnya. Amati seberapa porsi yang sesuai, makanan apa yang membangkitkan seleranya. Bagaimana suasana makan yang menyenangkan si anak, sehingga anak berselera menyantap hidangannya.
  2. Mulailah dengan porsi kecil.
    Sajikan makanan dengan porsi kecil. Porsi makan anak biasanya ¼ porsi makan orang dewasa. Mulailah dengan porsi yang dapat ia habiskan. Beri kesempatan anak untuk tambah, bila ia membutuhkannya. Dengan ini cara makan anak Anda sudah lebih terjaga dan teratur.
  3. Makanan bervariasi dan seimbang.
    Makanan yang tersaji selayaknya memenuhi gizi seimbang. Artinya, kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral disesuaikan kebutuhan dan usianya. Kebanyakan anak cenderung suka makanan yang berlemak, manis, dan asin saja. Orangtua perlu membatasi asupanan makanan berlemak, terlalu manis, dan tinggi garam supaya pola makan anak yang seimbang dapat dibentuk sejak dini. Sebaiknya juga tidak membiasakan makanan untuk anak diberi bumbu penyedap, sehingga kalau tanpa itu akan terasa hambar dan kurang enak bagi si anak.
  4. Cukup, tidak berlebih.
    Pengetahuan tentang jumlah kalori yang dibutuhkan anak dan juga nilai kalori setiap makanan akan memberi informasi bagi orangtua gambaran porsi makanan yang cukup.
  5. Makanan utama dengan porsi yang sesuai.
    Makan utama diberikan 3 kali sehari, pada pagi, siang, dan sore hari. Porsi makanan disesuaikan dengan kapasitas anak. Menu makanan sebaiknya beragam dan kaya akan nutrisi.
  6. Hindari pemaksaan.
    Jangan paksa anak untuk makan bila ia tidak lapar. Hindari mendesak anak untuk menghabiskan makanan bila ia sudah kenyang. Orangtua diharapkan peka dalam mengamati kapasitas makan anak, sehingga dapat memberi masukan pada anak seberapa porsi yang sesuai baginya. Pemaksaan akan memunculkan rasa kesal dan marah yang akan mengganggu kerja otak dalam merangsang selera makan.

Nah berikut cara meningkatkan nafsu makan si anak. Semoga cara sehat yang kami berikan untuk anak Anda dapat bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s