Makanan Sehat Yang Wajib Untuk Balita

Makanan sehat adalah makanan yang perlu kita konsumsi setiap harinya, apalagi untuk balita Anda, perlu satu yang namanya pola makan yang sehat, dengan pola makan sehat maka daya tahan tubuh balita Anda tetap sehat dan terjaga, sehingga bebas dari penyakit. Makanan yang diberikan untuk si buah hati harus bervariasi dengan komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan itu harus mengandung semua komposisi yang dibutuhkan oleh si bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upayakan makanan buatan sendiri sehingga senantiasa segar tanpa pengawet dan tanpa penambah rasa buatan atau kimiawi.

Makanan untuk usia 6 bulan berupa makanan yang lembut, tapi sesudah itu berangsur-angsur menjadi makanan yang kasar. Usia 1 tahun sudah dapat mengkonsumsi makanan dewasa. Jadwal makan adalah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, sore atau malam. Pagi sebaiknya makanan setengah berat seperti :bubur susu, oat meal, roti, biskuit. Makan siang dapat berupa buah padat yang dicampur susu, alpukat, apel kukus, pear kukus, labu kuning. Sedangkan untuk sore hari adalah makanan yang berat.

Dan yang paling penting balita Anda perlu 3 makanan tambahan agar tumbuh dengan sehat dan juga cerdas:

Karbohidrat

Sumber karbohidrat untuk bayi berusia 6 bulan dapat diperoleh dari tepung beras, tepung maizena, biskuit. Kemudian berangsur-angsur diganti dengan kentang, ubi merah, jagung, makaroni, roti, oat meal, dan nasi (bubur atau tim).

Protein dan lemak

Untuk usia bayi 6-8 bulan, sumber protein dan lemak dapat diperoleh dari susu, yoghurt, kuning telur, keju, kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, daging cincang, dan hati. Sedangkan untuk usia 9 bulan, dapat diberikan ikan.

Vitamin dan mineral

Sumber vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah pisang, jeruk, pepaya, pear, apel, melon, semangka, mangga, dan alpukat. Sedangkan untuk sayur dapat diperoleh dari kacang polong, wortel, brokoli, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, dan sawi hijau.

Nah berikut cara sehat terbaik untuk balita Anda. Rawatlah balita Anda dengan baik, sehingga sudah besar Anak Anda akan tumbuh menjadi Anak yang pintar dan cerdas. Karena perawatan orang tua terhadap Anda sangat terpengaruh terhadap didikan sejak dini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s