Tips Mudah Membuka Usaha di Jakarta

Image

Kondisi sekarang ini di mana perekonomian menuntut kita untuk lebih kreatif dan membuat “jalan baru” untuk mendatangkan income, membuat beberapa orang mulai membuka usaha sendiri walaupun mereka masih dalam usia atau masa produktif. Mulai dari usaha kecil, menengah hingga pada level atas yang memperkerjakan lebih dari 100 orang.

Apakah Anda ingin membuka usaha atau bisnis Anda? Jika Anda sudah memiliki modal dan kemampuan yang cukup dalam berbisnis silahkan Anda bisa lakukan.

Berikut adalah tips untuk Anda yang akan memulai usaha :

1. Siapkan Mental
Hal utama yang harus disiakan adalah mental. Mentalnya seorang pengusaha berbeda dengan mentalnya seorang karyawan karna biasanya seorang karyawan lbih cendrung untuk selalu menghabiskan penghasilan bulanannya ketimbangkan menyisihkan sebagian penghasilan ny unutk investasi.

2.Siapkan Modal.
Tentunya, apapun itu jenis usahanya pasti membutuhkan modal. kebanyakan seseorang yang ingin berwirausaha selalu mengalami kebingungan untuk menncari modal usahanya. Sebtulnya tak perlu dirisaukan, karena dengan modal yang kecil pun kita sudah bisa membuka usaha.

3. Bidang Usaha.
Kita harus bisa menentukan bidang usaha apa yang akan kita jalani. Carilah usaha yang sesuai dengan hobby Anda, agar Anda nyaman menjalaninya.

4. Lokasi.
Lokasi merupakan peran yang sangat penting dalam membuka usaha. Pilihlah lokasi yang ramai dan strategis karena dengan begitu tentuya usaha Anda akan lebih cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Pilih lah lokasi usaha yang strategis, yang berdekatan dengan tempat aktivits masyarakat, kantor, sekolah, ataupun kampus.

Misalnya Anda adalah seorang pembicara, Sebagai orang pembicara Anda pasti beberapa bulan akan mengadakan event atau seminar, Bagaimana cara Anda agar seminar Anda disukai banyak orang dan orang-orang datang berduyun-duyun untuk mengikuti seminar Anda? Yang pertama pasti Anda cari tempat atau ruang seminar di Jakarta yang letaknya strategis.

Begitu juga dalam berbisnis, Jakarta adalah tempat yang cocok untuk berbisnis, mencari tempat usaha di Jakarta tidak mudah. Begitu banyak usaha yang gulung tikar di Jakarta karena tempat yang kurang strategis, persaingan yang ketat, dan karena hal lain.

5. Fokus.
Kita sebagai seorang wirausaha sangat diharuskan untuk fokus dengan satu bidang usaha terlebih dahulu. Banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada peningkatan bisnis awal, melainkan terlalu banyak ingin mencoba coba bidang usaha lainnya.

6. Cari Pelanggan.
Pelanggan adalah penentu maju atau berhasilnya usaha kita. Semakin banyak pelanggan, semakin mudah juga kita maju. Kenalkan usaha kita ke luar. Sebarkan informasi barang dagangan atau usaha jasamu ke semua orang, agar bisa mendapatkan klien. Mencari pelangggan bisa dilakuakn dengan promosi dari mulut ke mulut, bisa juga dengan membuat brosur atau dengan memasangkan iklan di internet.

7. Cara Berbinis.
Sebetulnya cara berbinis itu mudah kok. contohnya, Barang seharga Rp.500. Tugasmu adalah menjualnya dengan harga lebih dari itu, misalanya Rp.1000. Jadi, intinya adalah dari setiap barang, Anda bisa menjualnya dengan memperoleh keuntungan. Lalu setelah itu jualah barang tersebut dengan sebanyak – banyaknya. Semakin banyak barang terjual, semakin banyak pula juga keuntungan yang kamu dapatkan.

8. Pegawai.
Pada saat awal membuka usaha, biasanya Anda hanya membutuhkan sedikit pegawai. Selainnya Anda sendiri yang mengurus usaha Anda, Anda juga bisa melibatkan seseorang yang dekat dengan Anda.

9. Perencanaan Keuangan.
Keuangan untuk membuka usaha, tidak hanya berpaku pada modal awal saja. Kerika usaha Anda sudah mulai berjalan, Anda harus pandai – pandai mengatur  alur keluar masuknya keuangan. Kalo bisa Anda harus memisahkan atara uang pribadi dengan uang bisnis. Kebanyakan pengusaha yang gagal karena uang pribadi dan bisnisnya tercampur aduk.

10. Mulai
Sudah memikirkan segala sesuatunya bukan ? Kalou begitu tunggu apalagi, mulailah !

11. Risiko.
Setiap membangun bisnis tentunya ada resikonya. Namun, apabila Anda sudah mulai menyadari risikonya, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usaha yang Anda jalankan maka nama baik Anda juga semakin dipertaruhkan.

12. Antisipasi Kegagalan.
Yang namanya kegagalan dalam berbisnis, selalu ada pastinya. karena dari itu kita dituntut untuk bersikap tegas dan cepat bertindak, terutama saat melihat sesuatu yang mulai tidak beres.

Itulah tips dari kami Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s