Cara Mengatasi Rasa Malas Saat Bekerja di Kantor

Rasa malas sudah menjadi salah satu penyakit berbahaya dalam kehidupan manusia.Why? karena dengan adanya rasa malas didalam kehidupan Anda makacenderung perlahan-lahan akan mengurangi produktivitas Anda, dan jika produktivitas Anda menurun maka konsentrasi Anda dalam bekerjapun akan menurun. Nah kalau seperti ini terus-terusan terjadi dalam kehidupan Anda bisa-bisa Anda tidak dibutuhkan lagi didalam perusahaan Anda bekerja.

Bagaimana cara mengatasi malas tersebut ? Menurut konsultan karier, Carrie Silver Stock, jika Anda mengalami rasa malas setiap kali akan bekerja, berarti ada yang salah dalam kehidupan kerja atau karier Anda. Tetapi bukan berarti riwayat kerja Anda akan berakhir. Yang harus Anda lakukan, menganalisis dan mencari solusi dari penyebab rasa malas Anda.

Berikut ini beberapa cara penting untuk mengatasi rasa malas saat bekerja di kantor, sbb :

  1. Cari Yang Positif
    Tulis juga hal-hal yang bisa membuat Anda semangat dalam melakukan suatu pekerjaan. Nah, sekarang lihat lagi, seberapa seringkah Anda menggunakan kebaikan atau kesenangan tersebut untuk memotivasi diri Anda untuk semangat bekerja? Sekarang, gunakan hal-hal positif tersebut untuk membantu Anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.
  2. Buat Prioritas hidup Anda
    Saat malam hari, buatlah tiga prioritas yang harus Anda lakukan esok harinya. Pastikan Anda mengerjakan tiga hal tersebut esok harinya. Dengan membuat daftar pekerjaan seperti ini akan bisa menghindari kondisi yang stress.
  3. Lakukan Me Time
    Me-time adalah melakukan waktu untuk sendiri dengan menghilangkan stress kemudian mencari akar permasalahan penyebab stress, kemudian tulislah 10 hal yang membuat Anda bahagia, setiap minggunya pastikan tiap minggunya daftar tersebut bertambah 3 poin. Dan Anda bisa melakukan 3 hal dalam poin-poin tersebut setiap harinya.
  4. Ciptakan Energi
    Menciptakan energi bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, seperti sarapan pagi, olah raga kecil, dan minum air putih. Sarapan pagi bisa membuat tubuh Anda berenergi dan fisik tak mudah lelah. Dan dengan minum air maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kelelahan.
  5. Analisis Penyebab
    Analisislah penyebab Anda bisa stress dan malas saat bekerja. Anda yang paling tau dengan kondisi Anda sendiri. Penyebab stress bisa datang dari lingkungan kerja yang menyenangkan atau tidak, teman-teman dalam tim Anda, beban kerja, manajemen waktu dan beberapa poin yang biasa Anda temui dalam lingkungan kerja Anda.
  6. Utamakan Diri Sendiri
    Dalam pekerjaan, utamakanlah diri sendiri, walaupun ada orang atau rekan Anda yang menginginkan bantuan Anda. Terlebih dahulu Anda sebaiknya memikirkan baik buruknya bagi Anda, jika ada orang lain yang meminta bantuan.
  7. Buat Rencana Aksi
    Jika Anda sudah bisa menganalisa segala masalah yang membuat Anda malas bekerja dan Anda ingin bertekad untuk mengatasinya, segera lah Anda membuat rencana aksi atau tindakan. Rencana ini berisikan hal-hal yang bisa memberi keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi Anda.

Sekalipun seseorang memiliki cita-cita atau impian yang besar, jika kemalasannya mudah muncul, cita-cita atau impian besar itu akan tetap tinggal di alam mimpi. Jadi, kalau kita ingin sukses, buanglah perasaan malas Anda dan mulailah bangkit dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s