Rahasia Mudah Mengatur Keuangan Anda

Mengatur Keuangan memang tidak bisa kita anggap mudah dan sepele. Bahkan untuk semua kalangan, bukan hanya mereka yang bergelut di bidang bisnis, usaha atau lainnya, seringkali uang mereka ludes begitu saja tanpa terasa. Ya, jelas memang dipakai atau digunakan. Tapi, seperti yang kita ketahui dan wajar adanya bahwa manusia memang terkadang bahkan sering lupa diri atau tidak mengkontrol diri dalam mengkonsumsi dan mudahnya menghabiskan uang.

Nah, disini kita akan membahas Rahasia mudah mengatur keuangan Anda khususnya dalam bidang usaha dengan baik dan benar. Tentu tips ini sudah banyak yang mempraktekkannya dan hasilnya sangat memuaskan.

  1. Buat daftar pengeluaran rutin.
    Saya biasanya berbelanja atau membayar tagihan asal saja, artinya saya hanya membayar tanpa membuat daftar apa saja yang telah atau akan saya bayar. Akibatnya saya tidak mengetahui berapa besar pengeluaran saya setiap bulannya (karena pendapatan saya diterima bulanan). Banyak yang menyarankan agar saya membuat daftar pengeluaran rutin saya sehingga saya bisa memilih kebutuhan mana yang bisa saya kurangi jika ternyata pendapatan saya tidak mencukupi.
  2.  Kurangi hutang.
    Biasanya kalau uang saya tidak mencukupi kebutuhan saya, maka saya mengambil hutang. Memang, masalah saya di bulan ini selesai, tapi bagaimana dengan bulan depan? Yah…taguhan saya bertambah.
  3.  Pastikan kita mempunyai polis asuransi
    Lho…kok malah asuransi??? Iya, pengalaman saya, kejadian mendadak seperti sakit adalah beban finansial baru. Karena dalam daftar saya tidak ada perencanaan jika saya sakit. Lalu mengapa asuransi? Karena jika saya mengalokasikan dana di bank, maka jika saya sakit dana saya akan berkurang. Tetapi dengan memiliki polis asuransi maka dana tabungan saya akan tetap aman.
  4.  Prioritaskan tujuan kita.
    Ini yang susah. Karena tujuan pengalokasian uang tergantung pada pribadi masing-masing. Misalnya untuk lajang yang belum menikah, alokasi dana banyak ke belanja, main sama teman, atau hal-hal lain. sedangkan untuk orang yang sudah menikah dan punya anak alokasi dana ke kredit rumah misalnya, pendidikan, pensiun, dll. Pertanyaannya bisakah kita merencanakan dana untuk rumah, pendidikan anak, pensiun pada saat kita masih lajang dan belum menikah?
  5.  Mulai belajar untuk berinvestasi
    Mencari informasi tenang tempat berinvestasi adalah mudah dan tidak menyita banyak waktu. Jadi tidak ada salahnya kalau kita mulai mencari inormasi tempat-tempat berinvestasi yang sesuai denga kebutuhan hidup kita.
  6.  Mulailah berinvestasi.
    Jika kita sudah menemukan tempat berinvestasi yang pas, segeralah berinvestasi. Karena terlambat adalah kondisi yang sangat tidak menguntungkan.
  7.  Investasikan dana secara teratur.
    Ya investasi bertujuan jangka panjang. Sebaiknya digunakan sesuai dengan tujuan dari kita berinvestasi. Konsisten.
  8.  Investasikan dana di banyak sumber.
    Analoginya jika kita mencari sumber air, buat sumus sebanyak-banyaknya. Jika satu sumur kering, maka masih ada sumur yang lain.
  9.  Pantau investasi kita.
    Lihat secara teratur perkembangan investasi kita.
  10.  Pikirkan generasi berikutnya.
    Alokasikan dana dan rencanakan untuk membuat warisan.

Mungkin cara diatas sudah banyak yang sering atau biasa dipraktekkan, tetapi yang penting hal yang kami sampaikan akan terus bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s