Kesadaran Bikers Terhadap Penggunaan Helm Masih Rendah

pengendara motor

Melihat angka pelanggaran sepeda motor di DKI Jakarta semakin meningkat.Lihat saja ternyata pelanggaran tidak memakai helm termasuk ranking 1 jenis pelanggaran yang sedang meningkat kira-kira Sebanyak 38% dari total 1952 pelanggaran sampai hari ke 5, dilakukan para bikers dengan tidak menggunakan helm…!!!

Motor saat ini setiap tahun terus meinigkat, sehingga penjualan motor dan penjualan helm semakin meningkat. Tapi perbandingan helm motor saat ini masih rendah akibatnya banyak orang yang memiliki motor tetapi tidak memiliki helm. Nah hal ini patut untuk diberikan pengajaran tentang peraturan lalu lintas.

Hampir 27% disebabkan para bikers mengendarai dengan melawan arus! Belum lagi ditambah yang suka menerobos lampu / rambu lalu lintas sebanyak 12%, dan juga menerobos jalur busway sebanyak 9% …!!! Balik lagi .. kesadaran penggunaan helm… menurut saya lebih kepada bikers sendiri, dan salah kalau kita koar-koar kepada pabrikan… dan mem-’blame’ pabrikan terhadap angka kecelakaan… !!! Lha wong,… yang bandel nggak pake helm bikerz itu sendiri kok… mosok pabrikan di salahkan… iya tho…???

Boro-boro tentang helm SNI ataupun bersertifikasi Snell atau DOT… lha ini sama sekali tidak menggunakan helm… !!! Mungkin peran komunitas,peran keluarga dan sosialisasi penggunaan helm dari semua pihak… untuk mengingatkan para bikerz untuk selalu menggunakan helm… perlu digalakkan. Dan buat pak pulisi tilang aza paaaak…. yang nggak pake helm… dari pada membudaya tidak menggunakan helm… itung-itung menyadarkan dari pada terlambat… nyawa bisa melayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s