Cara Mengatur Keuangan Anda Dengan Mudah

Hampir banyak orang memiliki masalah keungan seperti pembisnis, staf, ibu rumah tangga, dan lainnya. Banyak diantara kita yang masih merasa kekurangan dalam masalah keuangan. Apalagi saat Anda ingin mengetahui cara memulai bisnis harus memiliki aturan dalam masalah finansial

Memang banyak pepatah mengatakan ” Hidup ini lebih banyak pengeluaran dari pada pendapatan”, Mungkin itu benar. Tetapi yang harus ditekankan disini adalah Bagaimana cara kita memanajeman uang dengan benar. Jika Anda pintar dalam mengatur keuangan dijamin Anda tidak akan merasa kekurangan dalam masalah finansial.

Berikut ini Cara Mengatur Keuangan Anda Dengan Mudah :

  1. Buat daftar pengeluaran secara rutin.
    Biasanya kita berbelanja atau membayar tagihan asal saja, artinya Anda hanya membayar tanpa membuat daftar apa saja yang telah Anda keluarkan. Akibatnya Anda tidak mengetahui berapa besar pengeluaran Anda setiap bulannya.Jadi sekarang juga buatlah daftar pengeluaran Anda setiap bulannya sehingga dapat Anda perhitungkan dengan mudah untuk bulan selanjutnya. Jadi Anda bisa mengetahui seberapa besar jumlah pengeluaran Anda setiap bulannya.
  2. Kurangi hutang pinjam
    Biasanya kebanyakan orang jika sudah kepepet masalah finansial, jalan yang paling tepat adalah hutang. Memang itu jalan yang tepat. Boleh Anda hutang kepada orang lain, tetapi ingat pinjamlah sesuai dengan kebutuhan Anda jangan melebih-lebihkan. Yang penting masalah Anda untuk bulan ini selesai, tinggal bulan selanjutnya Anda serahkan hidup Anda sepenuhnya kepada Tuhan.
  3. Prioritaskan tujuan Anda
    Mungkin hal ini yang sangat sulit karena tujuan pengalokasian uang tergantung pada pribadi masing-masing. Misalnya untuk lajang yang belum menikah, alokasi dana banyak ke belanja, main sama teman, atau hal-hal lain. sedangkan untuk orang yang sudah menikah dan punya anak alokasi dana ke kredit rumah misalnya, pendidikan, pensiun, dll. Pertanyaannya bisakah Anda merencanakan dana untuk rumah, pendidikan anak, pensiun pada saat kita masih lajang dan belum menikah?
  4. Mulai belajar untuk berinvestasi
    Mencari informasi tenang tempat berinvestasi adalah mudah dan tidak menyita banyak waktu. Jadi tidak ada salahnya kalau kita mulai mencari inormasi tempat-tempat berinvestasi yang sesuai denga kebutuhan hidup Anda.
  5.  Mulailah berinvestasi.
    Jika Anda sudah menemukan tempat berinvestasi yang pas, segeralah berinvestasi. Karena terlambat adalah kondisi yang sangat tidak menguntungkan.
  6. Investasikan dana secara teratur.
    Investasi bertujuan jangka panjang. Sebaiknya digunakan sesuai dengan tujuan dari Anda berinvestasi.
  7. Investasikan dana di banyak sumber.
    Analoginya jika kita mencari sumber air, buat sumur sebanyak-banyaknya. Jika satu sumur kering, maka masih ada sumur yang lain.
  8. Pantau investasi kita.
    Lihat secara teratur perkembangan investasi kita.
  9. Pikirkan generasi berikutnya.
    Alokasikan dana dan rencanakan untuk membuat warisan.

Berikut cara yang bisa Anda praktekkan untuk Anda. Mungkin cara diatas sudah banyak yang tahu, sekedar mengingatkan saja untuk anda yang menbacanya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s