jump to navigation

Teknik Dasar Basket May 16, 2012

Posted by Tips dan Trik Anak Bangsa in sports.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Zaman sekarang permainan basket itu sudah termasuk permainan favorit. Tidak hanya anak muda, tetapi juga untuk orang yang sudah tua. Sekarang di Indonesia sudah ada 50% menyukai bermain basket, coba saja, siapa yang tidak tahu Michael Jordan, bintang bola basket terbaik sepanjang sejarah NBA.

Dalam permainan basket terdiri dari Point Guard, Shooting Guard, Small Forward, Power Forward, Center. Dan permainan ini dimainkan oleh 5 orang di setiap regu.

Untuk bisa bermain basket, Anda tentu harus mengetahui teknik dasar bermain basket, berikut saya akan memberikan teknik dasar belajar basket:

1. Dribling

Ini adalah syarat yang paling penting dalam bermain basket, karena jika dribling Anda bagus, maka kecil kemungkinan bola Anda direbut lawan. Cara dribling yang benar adalah memantulkan bola dengan teratur dan menggunakan pergelangan tangan, bukan pergerakan tangan atau lengan Anda. Cobalah mendrible dari jalan kecil hingga berlari cepat, maka dengan otomatis lama kelamaan Anda akan lancar mendribling bola.

2. Passing

Passing ini juga lumayan penting, karena tidak mungkin Anda menghadapi beberapa lawan dengan sendirian. Passing ini terbagi menjadi tiga, yaitu chest pass, bounce pass, dan long pass. Chest pass digunakan untuk kawan kita ketika berada didekat Anda, bounce pass digunakan ketika lawan dekat dengan kita dan kita hanya bisa mengoper dengan memantulkan  bola, long pass biasanya digunakan ketika kita melakukan serangan balik.

3. Shoot

Shoot ini akan menjadi sangat penting ketika Anda menjadi point guard dan shooting guard. Posisi tangan dalam shoot itu tangan kanan mendorong dari bawah, dan tangan kiri menahan bola. Tidak hanya letak tangan, tetapi akurasi dan power juga sangat dibutuhkan dalam shooting.

ketiga hal ini sangat penting dalam permainan basket, Anda harus menerapkan se-sering mungkin agar dapat menguasai olahraga basket ini. Semoga bermanfaat!

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: