jump to navigation

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan April 19, 2012

Posted by Tips dan Trik Anak Bangsa in kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Bagaimana dengan produktivitas kerja Anda saat ini? Apakah Anda merasa sudah melakukan tindakan yang terbaik didalam pekerjaan Anda? Jika produktivitas Anda masih kurang sebagai karyawan, maka harus Anda tingkatkan mulai sekarang, jangan tunggu nanti atau besok, karena produktitas kerja sangat penting dalam dunia pekerjaan, jika produktivitas Anda menurun maka kerjaan Andapun akan menurun, tetapi jika produktivitas Anda meningkat maka hasil yang Anda dapatkan pasti memuaskan.

Banyak yang bilang bahwa produktivtas terkait dengan penghasilan, ternyata itu benar. COba Anda bayangkan jika Anda adalah seorang atasan atau manager. Dan anda memiliki karyawan sebanyak 20 orang. Salah satu dari karyawan Anda tidak mengikuti pekerjaan yang Anda kerjakan dengan baik, bagaimana tindakan Anda sebagai manager? Pasti Anda akan menegur karyawan Anda. Nah jadi jika Anda seorang karyawan jika tidak mau ditegur oleh atasan karena kerjaan Anda kurang baik, Maka hilangkan rasa malas mulai dari sekarang.

Nah berikut ini ada beberapa cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan untuk menjadi lebih baik, adalah :

  1. Ciptakanlah cara berpikir positif dalam segala hal dalam lingkungan perusahaan.
    Segala sesuatu dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam perusahaan. Bisa baik ataupun buruk. Terkadang bahkan apa yang diharapkan seperti keajuan perusaaan tiba-tiba hilang dan malah berganti dengan hal yang buruk. Jadilah tenang, dan tetap menjaga pikiran , jangan menjadi panic dan hadapi dengan kepala dingin, dan tetap berpikir bahwa semua yang terjadi baik atau buruk sudah ada yang mengaturnya dan tidak mungkin sesuatu itu terjadi tanpa ada yang mengatur. Sehingga ketika kita berpikir demikian kita akan bisa berpikir dan menemukan jalan kelaur atau langkah-langkah apa yang harus diambil dan kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
  2. Ciptakan budaya bertanggung jawab yang tinggi.
    Untuk meningkatkan akan produktivias akan karyawan , maka biarkan tiap-tiap orang mengambil bagian dalam setiap project yang ada di dalam perusahaan. Ada sebuah stasiun televisi disebuah surat kabar dan majalah yang menceritakan rahasia kesuksesan stasiun televisi yang dipegangnya adalah ketika ia memberikan kesempatan kepada setiap karyawannya untuk mau bertanggung jawab pada setiap acara yang ada di stasiun tv nya. Dan sejak itu selain stasiun TV nya berkembang maka sumber daya manusia setiap karyawannya pun berkembang dengan cepat.
  3. Berani untuk mengakui kegagalan atau kesalahan dan bersedia untuk memperbaikinya.
    Berani mengakui kesalahan atau kegagalan bukanlah hal yang mudah. Tetapi bila sikap seperti itu dimulai atau dijadikan habit dari Pimpinan-nya terlebih dahulu dengan membuat dirinya menjadi contoh dan teladan maka itu merupakan suatu pembelajaran yang melebihi sebuah teori yang paling terkenal sekalipun.
  4. Menerima keberadaan orang lain apa adanya.
    Setiap manusia di ciptakan unik oleh Sang Pencipta. Ada kekurangan dari seseorang tapi ada kelebihannya pula yang dapat diambil dari orang itu pula, Pemilik Perusahaan , harus dapat memiliki sikap demikian kepada karyawannya sehingga karyawannya merasa nyaman dan tidak merasa punya banyak kekurangan atau yang berkelebihan juga menjadi tidak merasa tinggi. Supardi dan Anwar, 2004:52 menyatakan social need yang ada dalam diri manusia adalah suatu tuntutan kebutuhan akan rasa cinta dan rasa kepuasan didalam menjalani hubungan dengan orang lain. Rasa kepuasan dan perasaan diterima dan dikasihi dalam suatu kelompok, rasa kekeluargaan, persahabatan, dan kasih saying itulah yang diinginkan oleh setiap individu.Sprietzer and Porath (2012) menyatakan bahwa Suatu Perusahaan bila ingin memiliki perusahaan yang maju dan bertumbuh dengan pesat adalah ketika dapat melihat akan karyawannya yang mau berkembang dan berprestasi serta memiliki energy yang besar (potensil), memiliki komitmen, sangat menyenangi akan pekerjaannya dan mau untuk diajak menuju perubahan kearah yang lebih baik sewaktu-waktu.Maka dengan demikian menurut Sprietzer and Porath, karyawan yang seperti itu sangat berpotensil untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan dapat menciptakan akan rambu-rambu seperti diatas dengan jelas dan diperkenalkan bahkan di terapkan dengan baik dan dapat merubah paradigma secara umum pada perusahaan yang telah ada selama ini.

Setelah Anda membaca artikel tersebut, apakah sudah Anda terapkan diperusahaan Anda? Jika belum mari lakukan tindkaan sekarang juga.. Semoga bermanfaat!

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: